Wacana Surabaya Kembali Gelar Car Free Day

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 19:19 WIB
Pemkot Surabaya akan menggelar Car Free Day (CFD) kembali setelah kasus COVID-19 terus melandai. Seperti yang disampaikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.
Wali Kota Eri Cahyadi/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

Pemkot Surabaya akan menggelar Car Free Day (CFD) kembali setelah kasus COVID-19 terus melandai. Seperti yang disampaikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan perhitungan secara matang terkait teknisnya. "Insyaallah masih dihitung sama teman-teman CFD-nya. Tapi dengan batasan, tidak dibuka los," kata Eri kepada wartawan di Balai Kota Surabaya, Senin (25/10/2021).

Eri menambahkan, CFD akan dipersiapkan secara matang. Akan dilakukan pembatasan pengunjung dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Berapa sih CFD itu, onok seng njogo pirang uwong (ada yang menjaga berapa orang). Seng penting onok PeduliLindungi masuk di CFD," ungkap Eri.

Eri meminta warga tidak euforia dan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat. "Itu masih kita diskusikan dengan teman-teman. Kita mulai menggerakkan menuju new normal. Tapi tidak gebya-uya dan tidak euforia yang keyakinannya berlebihan," lanjut Eri.

Sedangkan terkait lokasi CFD yang akan dibuka, Eri belum bisa memastikan. Rencananya di kawasan Bungkul, Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan.

"Di Bungkul, terus di Siola, Tunjungan seperti biasanya. Tapi kita masih hitung dulu lah kekuatan kita seperti apa. Karena kita kalau tidak hati-hati metu sumbunge (keluar sombongnya), langsung buka-buka, insyaallah azab Gusti Allah mudun (turun). Kita masih hitung dulu kemampuan kita, kita hitung jumlahnya, kalau kita yakin akan kita lakukan," pungkas Eri.

(sun/bdh)