Satgas COVID-19 Banyuwangi Akan Antigen Siswa Jelang PTM Terbatas

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 15:16 WIB
Satgas COVID-19 Banyuwangi Bakal Swab Antigen Siswa Sekolah PTM Terbatas
Persiapan PTM di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Satgas Penanganan COVID-19 Banyuwangi akan melakukan swab antigen. Ini jelang pemberlakuan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas di seluruh sekolah.

Wakil Ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto menyatakan, swab test antigen ini akan dilaksanakan dalam beberapa hari ke depan. Pelaksanaan swab antigen pada murid yang melakukan PTM ini tidak dilakukan secara menyeluruh.

"Sesuai rapat dari Satgas COVID-19 Banyuwangi, dalam beberapa hari kita akan melakukan sampling pemeriksaan swab antigen pada para murid," ujarnya kepada detikcom, Rabu (27/10/2021).

Dia menambahkan, pelaksanaan swab test antigen pada pelajar ini akan dilakukan secara berjenjang mulai dari pelajar SD, SMP hingga SMA. Nantinya, kata Pria yang menjabat sebagai Dandim 0825 Banyuwangi ini, hasil pelaksanaan swab antigen pada pelajar ini akan dijadikan bahan evaluasi dalam pelaksanaan PTM di Banyuwangi.

"Sampling swab yang akan kita lakukan itu nanti menjadi salah satu pertimbangan kita terhadap pelaksanaan PTM itu sendiri," tegasnya.

Dia menegaskan, bukan tidak mungkin jika dari hasi pelaksanaan swab antigen tersebut ditemukan ada beberapa murid di satu kelas atau sekolahan yang terindikasi atau positif COVID-19. Jika itu terjadi Satgas akan mengambil langkah tegas agar untuk mencegah terjadinya penularan.

"Akan ada kebijakan tertentu terhadap sekolah tersebut. ITU akan menjadi bahan evaluasi," tegasnya lagi.

Untuk diketahui, berdasarkan asessmen Kementerian Kesehatan sudah berada pada Level 1 PPKM. Namun mengacu pada Instruksi Mendagri, Banyuwangi masih berada level 2 PPKM. Sebab, pada Instruksi Menteri Dalam Negeri terdapat indikator tambahan bagi suatu wilayah untuk berada pada level 1 PPKM. Indikator tambahan itu yakni capaian vaksinasi dosis pertama harus mencapai 70 persen dan vaksinasi lansia sebanyak 60 persen.

Begitu berada PPKM level 2 berbagai pelonggaran aktivitas masyarakat sudah dilakukan. Mal, pusat perbelanjaan, restoran dan juga cafe-cafe sudah dibuka dengan pembatasan jumlah pengunjung. Begitu juga dengan PTM sudah digelr secara terbatas dengan kapasitas 50 persen.

(fat/fat)