100 Napi dan ASN Lapas Ngawi Dites Urine, Hasilnya Negatif Narkoba

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 18:09 WIB
Puluhan napi Lapas Klas IIB Ngawi terjaring dalam razia pemberantasan narkoba. Mereka yang terjaring, oleh petugas lapas dilakukan tes urine.
Lapas Ngawi menggelar razia pemberantasan narkoba/Foto: Istimewa (dok.Polres Ngawi)
Ngawi -

Puluhan napi Lapas Klas IIB Ngawi terjaring dalam razia pemberantasan narkoba. Mereka yang terjaring, oleh petugas lapas dilakukan tes urine.

"Pelaksanaan razia rutin kita lakukan sewaktu-waktu dan ada 50 napi kita curigai ya. Baru kita curigai memakai narkoba," ujar Kalapas Klas IIB Ngawi Hendro Susilo Nugroho saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (26/10/2021).

Selain 50 napi, kata Hendro, tes urine juga dilakukan kepada 50 ASN yang bertugas di Lapas Ngawi. Hasilnya, semuanya negatif narkoba.

"Alhamdulillah hasil tes urine semua menunjukkan hasil negatif. Baik napi maupun ASN Lapas kita," kata Hendro.

Hendro juga mengatakan, komitmen Lapas Ngawi untuk menyatakan perang terhadap narkoba terus dilakukan. Razia ini juga dalam rangka menyambut Hari Dharma Karya Dhika tahun 2021.

"Kami terus berkomitmen untuk perang terhadap peredaran gelap narkoba. Kami buktikan dengan pelaksanaan tes urine, tidak hanya untuk napi atau WBP tapi juga seluruh pegawai Lapas Ngawi," ungkapnya.

"Hal ini juga dilakukan untuk mengurangi potensi gangguan keamanan dan ketertiban, yang disebabkan apabila ada kepemilikan maupun pemakaian narkoba di dalam lapas baik oleh pegawai maupun napi," pungkasnya.

(sun/bdh)