32 Desa di Jombang Rawan Bencana, Ratusan Personel Gabungan Disiagakan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 18:59 WIB
32 Desa Rawan Bencana di Jombang, Ratusan Personil Gabungan Disigakan
Kapolres dan Bupati Jombang cek kesiapan bencana (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

32 Desa rawan bencana alam di Jombang. Untuk menghadapi ancaman tersebut, ratusan personel gabungan disiagakan dibekali berbagai peralatan SAR.

Persiapan menghadapi potensi bencana alam salah satunya melalui apel gelar pasukan di lapangan Pemkab Jombang, Jalan KH Wahid Hasyim. Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho bersama Forkopimda mengecek berbagai peralatan SAR dan penanganan bencana alam.

Mereka juga mengecek kesiapan 255 personel gabungan untuk menanggulangi bencana alam di Kota Santri. Mulai dari personel Polres Jombang, TNI, Dishub, Satpol PP dan Tagana, BPBD, Dinas Kesehatan, serta para relawan.

"Semua personel anggota TNI-Polri kami turunkan semuanya pun bisa. Jadi totalnya bisa dua ribuan lebih kalau bergabung semuanya. Jadi, kami backup semua, tapi mudah-mudahan tidak ada bencana, itu doa kami," kata Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho kepada wartawan di lokasi, Senin (25/10/2021).

Baca juga: 80 Persen Wilayah Jawa Timur Terdampak Bencana Hidrometeorologi

Saat ini, terdapat 32 desa di Jombang yang rawan bencana alam kekeringan, tanah longsor dan banjir. Puluhan desa tersebut tersebar di Kecamatan Wonosalam, Bareng, Mojowarno, Mojoagung, Kesamben, Kabuh, Ploso dan Sumobito.

Ia memastikan, berbagai peralatan untuk menangani potensi bencana alam di Jombang telah dinyatakan siap. Begitu juga peralatan SAR dan logistik yang dibutuhkan.

"Kendaraan kami siagakan untuk droping air ke daerah kekeringan, alat-alat SAR telah kami siapkan semuanya bila terjadi bencana di Kabupaten Jombang," terang Agung.

(fat/fat)