Wilayah Sekitar Gunung Lawu Magetan Berpotensi Longsor dan Banjir

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 15:36 WIB
Ratusan petugas gabungan disiapsiagakan untuk mengantisipasi bencana di Magetan. Wilayah Magetan sekitar Gunung Lawu berpotensi longsor dan banjir.
Forkopimda Magetan/Foto: Istimewa (dok.Polres Magetan)
Magetan -

Ratusan petugas gabungan disiapsiagakan untuk mengantisipasi bencana di Magetan. Wilayah Magetan sekitar Gunung Lawu berpotensi longsor dan banjir.

"Alhamdulillah kita telah menggelar apel bersama Forkopimda Magetan untuk kesiapan menghadapi bencana pada musim hujan yang mulai tiba," ujar Kapolres Magetan AKBP Yakhob Silvana Delareskha saat dikonfirmasi detikcom, Senin (25/10/2021).

Ada beberapa kecamatan yang rawan longsor di Magetan. Sementara yang rawan banjir yakni wilayah yang dekat dengan aliran anak Sungai Bengawan Solo yakni Sungai Madiun.

"Untuk daerah rawan longsor itu biasanya di kecamatan Poncol, Plaosan dan Panekan. Kalau daerah banjir Kecamatan Kartoharjo di mana dekat aliran Sungai Madiun, anak dari Bengawan Solo," kata Yakhob.

Yakhob juga menambahkan, dalam menghadapi potensi bencana di Magetan, ada relawan yang disiagakan bersama BPBD. "Insyaallah semua siap termasuk tim relawan juga semua akan berperan. Juga selalu tetap kita ingatkan di tengah pandemi COVID-19 tetap protokol kesehatan," imbuhnya.

Apel gelar pasukan dan peralatan digelar di Alun-alun Magetan. Turut hadir Bupati Magetan H Suprawoto, Dandim 0804 Magetan Letkol Inf Ismulyono Triwidodo, Kajari Magetan serta OPD di Magetan.

(sun/bdh)