Petugas Lapas Blitar Temukan Paket Sabu yang Diduga Dilempar dari Luar

Erliana Riady - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 15:00 WIB
Paket sabu seberat 0,26 gram ditemukan petugas jaga Lapas Klas IIB Blitar. Paket sabu dalam botol bekas lem itu diduga dilempar seseorang dari luar tembok lapas.
Sabu di timbang/Foto: Erliana Riady/detikcom
Blitar -

Paket sabu seberat 0,26 gram ditemukan petugas jaga Lapas Klas IIB Blitar. Paket sabu dalam botol bekas lem itu diduga dilempar seseorang dari luar tembok lapas.

Kepala Keamanan Lapas Klas IIB Blitar, Bambang Setyawan mengatakan, petugas menemukan benda mencurigakan di sisi selatan Blok C2 sekitar pukul 05.00 WIB. Sisi selatan lapas ini adalah area publik, yakni Jalan Merdeka Kota Blitar. Blok C2 ditempati napi kasus narkoba dan kriminal umum.

Benda mencurigakan tersebut berupa botol plastik bekas lem yang dibalut selotip warna hitam. Petugas kemudian bergegas mengambilnya dan menyerahkan ke kantor lapas.

"Kami buka disaksikan beberapa petugas tadi. Jadi di botol bekas lem itu berisi tanah. Lalu di dalamnya kami temukan dua plastik klip berisi serbuk putih," beber Bambang saat dikonfirmasi detikcom, Senin (25/10/2021).

Temuan itu kemudian dilaporkan ke Satnarkoba Polresta Blitar. Petugas Polresta datang dan menimbang berat dua klip serbuk putih itu, lalu mengidentifikasi dengan alat khusus.

"Dua plastik klip serbuk putih itu beratnya 0,26 gram. Dan setelah diperiksa memang benar sabu," terangnya.

Begitu ada temuan itu, petugas melakukan sisir ulang. Bambang mengaku, temuan seperti itu baru kali ini terjadi. Mereka khawatir ada barang lain yang keburu ditemukan napi di dalam lapas.