Pemkab Ponorogo Petakan Wilayah Rawan Bencana

Charolin Pebrianti - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 12:30 WIB
Pemkab Ponorogo menggelar apel pasukan dan perlengkapan untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi. Apel digelar di Alun-alun Ponorogo.
Pemkab Ponorogo menggelar apel pasukan dan perlengkapan untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi/Foto: Charolin Pebrianti/detikcom
Ponorogo -

Pemkab Ponorogo menggelar apel pasukan dan perlengkapan untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi. Apel digelar di Alun-alun Ponorogo.

Dari 12 potensi bencana di Jatim, Ponorogo punya 9 ancaman bencana. Di antaranya banjir, longsor, angin puting beliung serta kebakaran hutan dan lahan.

"Dalam rangka menghadapi kemungkinan bencana alam, karena kita tahu Ponorogo ini bagian dari Jatim menjadi supermarket bencana alam apapun itu. Maka kesiapan harus kita apelkan," tutur Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko kepada wartawan, Senin (25/10/2021).

Menurut Giri, pemetaan bencana sudah dilakukan BPBD Ponorogo untuk pengantisipasian. Ini berdasarkan kejadian bencana tiap tahun di Bumi Reog.

"Tadi juga ada kerekan, gergaji atas yang diserahkan ke petugas," ujar Giri.

Kepala Pelaksana BPBD Ponorogo Imam Basori menambahkan, pihaknya setidaknya memetakan 10 kecamatan yang memiliki risiko bencana tinggi. "Di antaranya kecamatan yang berada di area pegunungan seperti Kecamatan Slahung, Ngrayun, Sawoo, Ngebel, Pulung, Pudak, Sooko, Badegan maupun Ponorogo (kota)," terang Basori.