Guru SD di Ngawi yang Tinggal Serumah dengan Kambing Honornya Rp 350 Ribu

Sugeng Harianto - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 18:40 WIB
Guru honorer SD di Ngawi tinggal serumah dengan kambing. Guru ini yakni Sri Hartuti (42).
Sri Hartuti (42)/Foto: Sugeng Harianto/detikcom
Ngawi -

Guru honorer SD di Ngawi, Sri Hartuti (42) tinggal serumah dengan kambing. Ia dan sang suami, Andi Nugroho (42) belajar mandiri sebelum punya rumah yang lebih nyaman.

Sri merupakan warga Desa Pandean, Kecamatan Karanganyar. Sejak 2007, ia menjadi guru honorer di SDN Pandean 4. Ia mengajar kelas IV.

Setiap bulan, Sri menerima honor Rp 350 ribu. Jika honor itu telat turun, biasanya ditalangi dulu oleh teman yang sudah ASN.

"Iya betul segitu, Rp 350 ribu. Biasanya setiap tanggal 1 sampai 5 (terima honor). Tapi kadang kalau telat ditalangi teman yang sudah ASN," ujar Sri saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (23/10/2021).

Sementara sang suami bekerja serabutan. "Alhamdulillah juga dapat pemasukan dari suami kerja serabutan. Kadang di sawah tetangga kadang ikut nguli proyek bangunan," jelas Sri.

Sri berharap pemerintah bisa segera mengangkat para guru honorer yang telah lama mengabdi. "Harapan saya dan kita semua guru honorer yang sudah mengabdi lama bahkan lebih lama dari saya, mohon untuk diangkat jadi ASN," terangnya.

Ia mengaku sudah tiga bulan tinggal di rumah yang sekaligus kandang kambing tersebut. Sri tinggal bersama suami dan tiga anaknya.

Guru honorer ini juga mengatakan, dirinya tinggal di rumah yang sekaligus kandang kambing karena ingin belajar mandiri. Tidak merepotkan nenek dan orang tua.

Lihat juga Video: Tingkah Lucu Siswa SD PTM di Parepare, Nangis-Tak Tahu Guru

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)