Trenggalek Mulai Uji Coba Pembukaan Wisata

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 17:55 WIB
Pemkab Trenggalek mulai melakukan uji coba pembukaan sektor pariwisata. Ini setelah hasil asesmen Kementerian Kesehatan masuk pada level 1.
Pantai Prigi Trenggalek/Foto: Adhar Muttaqin/detikcom
Trenggalek -

Pemkab Trenggalek mulai melakukan uji coba pembukaan sektor pariwisata. Ini setelah hasil asesmen Kementerian Kesehatan masuk pada level 1.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, uji coba dilakukan serentak selama dua hari, di objek wisata yang dikelola pemerintah daerah dan beberapa destinasi wisata swasta.

"Ini sesuai arahan Bapak Presiden, setelah kita melewati lonjakan COVID-19 yang begitu luar biasa. Pertama tetap jaga kesehatan, tapi kedua beliau pengen uji coba untuk tempat pariwisata. Kemudian investasi dan juga UMKM ini diharapkan juga segera menggeliat," kata Mochamad Nur Arifin, Sabtu (23/10/2021) di Pantai Prigi.

Pihaknya mengakui, hingga saat ini Trenggalek masih masuk pada level 3 menurut Inmendagri, karena capaian vaksinasi masih di bawah terget. Namun dari hasil asesmen Kementerian Kesehatan, Trenggalek telah masuk pada level 1.

"Masih masuk level 3, karena memang vaksinasi belum 50 persen," jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek Sunyoto mengatakan, pada tahap uji coba pembukaan wisata ini, pihaknya hanya membatasi jumlah wisata yang datang, maksimal 10 persen dari kapasitas.