Tempat Ibadah dan Pesantren di Kota Probolinggo Dapat Kado Hari Santri

M Rofiq - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 11:10 WIB
Pemkot Probolinggo akan membayar tagihan listrik tempat-tempat ibadah. Bantuan ini diberikan sebagai kado Hari Santri Nasional.
Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin (kiri)/Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Pemkot Probolinggo akan membayar tagihan listrik tempat-tempat ibadah. Bantuan ini diberikan sebagai kado Hari Santri Nasional.

Meski begitu, tempat ibadah yang tagihan listriknya akan dibayar Pemkot adalah yang sudah terverifikasi oleh Pemkot. Baik tempat ibadah agama Islam, maupun tempat-tempat ibadah agama lainnya. Bantuan diberikan bulan ini dan seterusnya.

Pemkot Probolinggo juga akan memberikan mesin genset ke pondok-pondok pesantren. Itu untuk mengantisipasi saat listrik padam, agar aktivitas belajar mengajar para santri tidak terganggu.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengatakan, Hari Santri Nasional yang ditetapkan pemerintah untuk mengingat resolusi jihad, saat para santri ikut memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Selamat Hari Santri Nasional ke-VII. Semoga para santri bisa membantu pemerintah untuk kemajuan ke depannya. Dan kita beri kado semua tagihan listrik tempat-tempat ibadah akan ditanggung Pemkot Probolinggo. Dan beri mesin genset ke pondok pesantren," kata Hadi, Sabtu (23/10/2021).

Budi Krisyanto, selaku jemaah GKJW (Gereja Kristen Jawi Wetan) Kota Probolinggo, mengapresiasi wali kota yang dinilai bisa merangkul semua umat beragama, dengan memberikan kado di Hari Santri Nasional.

"Kado HSN 2021, Pemerintah Kota Probolinggo memberikan program yang sangat bisa dirasakan umat. Para jemaat memberikan apresiasi ke wali kota yang kemarin secara simbolis diberikan ke pendeta GKJW," ujar Budi.

Pemerintah Kota Probolinggo juga memberikan Al-Qur'an dan kitab suci semua agama, ke tempat ibadah dan pondok pesantren.

(sun/bdh)