Round-up

Cerita Keangkeran Pos Polisi di Jombang Sebelum Jadi Warung Pecel Lele

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 08:50 WIB
Salah satu pos polisi di jalan nasional Jombang terkenal angker. Menurut warga setempat, kerap muncul penampakan penyeberangan jalan hingga pocong di pos tersebut.
Pos polisi angker di Jombang yang kini jadi warung pecel lele/Foto file: Enggran Eko Budianto/detikcom
Surabaya -

Pos polisi di Desa Sambirejo, Kecamatan Jogoroto sempat disebut angker oleh warga sekitar. Namun dalam 4 tahun terakhir, pos tersebut sudah menjadi warung pecel lele.

Kejadian-kejadian mistis di pos polisi Sambirejo ini salah satunya dikatakan Jamil (60), warga Desa Jogoloyo, Kecamatan Sumobito, Jombang. Ia tinggal di seberang pos polisi tersebut.

"Kadang ada perempuan berjalan dari utara, dari arah rumah saya ke selatan masuk ke pos polisi. Ada juga penampakan pocong di dalam pos," kata Jamil kepada wartawan di lokasi, Jumat (22/10/2021).

"Kalau mau ada kecelakaan ada pertanda suara klakson mobil pada malam hari jam 1-2 dini hari. Sopir mobil membunyikan klakson seakan ada orang menyeberang jalan. Padahal tidak ada orang sama sekali. Biasanya 2-3 hari sesudahnya pasti terjadi kecelakaan," imbuhnya.

Cerita mistis penampakan penyeberang jalan juga dituturkan Mustamaji (62), warga setempat. Menurut dia, hal ganjil itu tidak hanya terjadi di jalur arteri depan pos polisi Sambirejo. Tapi juga sekitar 100 meter sebelum dan sesudah pos tersebut.

Ia percaya, penampakan makhluk halus kerap memicu kecelakaan lalu-lintas di jalur tersebut. Yaitu gara-gara menghindari sosok yang tiba-tiba muncul menyeberang jalan nasional Surabaya-Madiun itu.

"Dulu kan masih ada pohon besar jenis abar. Kelihatan ada penampakan orang menyeberang mendadak, kadang pria kadang wanita berambut panjang, biasanya malam Jumat Legi. Sekarang sudah tidak ada sejak pohonnya ditebang," jelasnya.

Tokoh Masyarakat setempat, Fatoni menjelaskan, cerita mistis mulai muncul di pos polisi Sambirejo sejak terjadi kecelakaan tahun 2000-an. Kala itu, dua kasus kecelakaan menewaskan seorang bocah SD dan pengendara sepeda motor di sebelah pos polisi tersebut. Menurut dia, tubuh kedua korban hancur terlindas truk.

"Gara-gara itu, malam-malam berikutnya BM (polisi Brigade Motor) yang jaga, di situ kan sepi, tidak ada tetangga. Kadang yang jaga satu, kadang dua orang akhirnya takut. Cerita ke saya kalau ada penampakan orang wira-wiri menyeberang jalan," jelasnya.

Kendati begitu, Fatoni tidak percaya dengan kisah-kisah penampakan di pos polisi Sambirejo maupun sekitarnya. "Sebab saya sudah membuktikan setiap hari menyeberang di lokasi untuk ke masjid jam 3 malam, sepi tidak ada apa-apa," terangnya.

Lihat juga video 'Orang Tua Asuh 349 Boneka Arwah':

[Gambas:Video 20detik]