Awal Mula Munculnya Cerita Mistis di Pos Polisi Jombang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 14:39 WIB
Salah satu pos polisi di jalan nasional Jombang terkenal angker. Menurut warga setempat, kerap muncul penampakan penyeberangan jalan hingga pocong di pos tersebut.
Pos polisi angker di Jombang yang kini jadi warung makan/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
Jombang -

Salah satu pos polisi di Jombang dianggap angker oleh sebagian masyarakat. Seperti apa awal mula ceritanya?

Pos polisi tersebut berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Jogoroto, Jombang. Posisinya di kiri jalan dari arah Mojokerto.

Pos ini tidak lagi difungsikan sejak 5 tahun lalu. Warung pecel lele menempati pos tersebut selama 4 tahun terakhir.

Tokoh Masyarakat setempat, Fatoni menjelaskan, cerita mistis mulai muncul di pos polisi Sambirejo sejak terjadi kecelakaan tahun 2000-an. Kala itu, dua kasus kecelakaan menewaskan seorang bocah SD dan pengendara sepeda motor di sebelah pos polisi tersebut. Menurut dia, tubuh kedua korban hancur terlindas truk.

"Gara-gara itu, malam-malam berikutnya BM (polisi Brigade Motor) yang jaga, di situ kan sepi, tidak ada tetangga. Kadang yang jaga satu, kadang dua orang akhirnya takut. Cerita ke saya kalau ada penampakan orang wira-wiri menyeberang jalan," jelas Fatoni kepada wartawan di lokasi, Jumat (22/10/2021).

Kendati begitu, Fatoni tidak percaya dengan kisah-kisah penampakan di pos polisi Sambirejo maupun sekitarnya. "Sebab saya sudah membuktikan setiap hari menyeberang di lokasi untuk ke masjid jam 3 malam, sepi tidak ada apa-apa," terangnya.

Ia membenarkan pos polisi Sambirejo tidak lagi difungsikan sekitar 5 tahun lalu. Menurut dia, penutupan pos tersebut bukan karena kisah-kisah mistis yang beredar di masyarakat.

Menurut dia, keberadaan polisi di pos ini dinilai banyak membantu masyarakat dan anak sekolah untuk menyeberang jalan. Karena terdapat sebuah madrasah di belakang pos tersebut.

"Mungkin kebijakan kepolisian, seingat saya alasannya memang ada pengurangan pos polisi di jalan. Saya tidak percaya mistis. Kecelakaan yang banyak pemotor karena pengendara tidak hati-hati dan terburu-buru, orang capek, ngantuk biasanya rumahnya jauh, juga lubang di jalan," terangnya.

Lihat juga video 'Cerita Mistis Kolam Renang di Pacitan yang Bikin Merinding':

[Gambas:Video 20detik]