Tulungagung Punya Produk Cangkul yang Sudah SNI

Adhar Muttaqin - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 22:08 WIB
Menkop UKM Teten Masduki mengapresiasi sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI), terhadap produk cangkul yang diproduksi salah satu koperasi di Tulungagung. Ini diharapkan meningkatkan daya saing pelaku usaha kecil, sekaligus mendukung upaya mewujudkan swasembada cangkul dalam negeri.
Menkop UKM Teten Masduki (dua dari kiri)/Foto: Adhar Muttaqin/detikcom

Salah satu anggota Koperasi Angudi Logam Abadi, Kusnanto menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan produksi, setelah mendapat sertifikasi SNI tersebut. Salah satunya menunggu kiriman bahan baku baja dari Krakatau Steel.

"Kalau yang SNI belum produksi masih dipersiapkan, menunggu bahan baku dari Krakatau Steel. Selain itu kami dapat sertifikat SNI ya baru ini. Untuk sekarang yang sedang diproduksi, non-SNI," katanya.

Menurutnya, produk cangkul SNI tersebut nantinya akan dijual mulai harga Rp 45 ribu/buah. Produk ini lebih mahal dibandingkan dengan cangkul non-SNI yang dijual Rp 40 ribu.

Pihaknya menargetkan, dalam sehari para anggotanya mampu memproduksi 100 cengkul. Seluruh produksi menggunakan sistem peralatan modern dan tidak menggunakan sistem pandai besi.

"Semua anggota punya mesinnya," jelas Kusnanto.


(sun/bdh)