Peringati HSN, Bupati Ipuk Ajak Wujudkan 'Lima Hebat' Santri

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 15:02 WIB
Peringati HSN, Bupati Ipuk: Kerja Bersama Wujudkan “Lima Hebat” Santri
Bupati Ipuk peringati hari santri (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Banyuwangi digelar di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Bupati Banyuwangi bersama para kiai dan santri menggelar upacara secara hybrid. Selain di pendopo, para santri juga mengikuti secara virtual di sejumlah pesantren.

Tampak di antaranya KH Thoha Munthaha, KH Muhammad Yamin, KH Burhan, KH Zarqoni, KH Ainul Yaqin, dan sejumlah kiai lainnya, Jumat (22/10/2021). Juga turut hadir perwakilan ormas Islam, seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan Rabithah Ma'ahid Islamiyah, dan lainnya.

Selain itu, juga dihadiri oleh Forum Pimpinan Daerah Banyuwangi. Di antaranya Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara, Kapolresta AKBP Nasrun Pasaribu, Danlanal Letkol Laut (P) Anshori, Kepala Kemenag Banyuwangi H. Slamet, Kepala Pengadilan Agama, dan perwakilan Kejari serta Pengadilan Negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ipuk yang didapuk sebagai pemimpin upacara mendorong para santri untuk bisa mewujudkan lima hebat santri. "Kami di pemerintah daerah akan terus berikhtiar membantu dan mendorong para santri untuk bisa mewujudkan 5 hebat santri. Mari kerja bersama mewujudkannya," ungkapnya.

"Hebat ilmu agamanya, hebat penguasaan sains dan teknologinya, hebat kemandirian ekonominya, hebat kasih sayangnya dalam menjaga kebhinnekaan Indonesia, dan hebat gotong royongnya dalam membangun negara dan daerah," lanjut Ipuk.

Dengan terwujudnya "lima hebat" santri, maka akan semakin memperkuat peran santri dalam kehidupan bernegara. Dengan hebat ilmu agamanya, maka menjadi panduan bagi arah kebaikan masyarakat. Dengan hebat kemandirian ekonominya, maka mempercepat pemulihan ekonomi, termasuk bisa membuka lapangan kerja.