Polisi Malang Kota Bagi-bagi Sembako ke Ponpes Peringati Hari Santri

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 14:48 WIB
Peringati Hari Santri, Polresta Malang Kota Bagi Sembako ke Ponpes
Paket sembako diberikan ke para santri (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 digelar Polresta Malang Kota dengan membagikan paket sembako ke pondok pesantren. Ratusan paket sembako dan beras diberikan ke 10 ponpes di Kota Malang.

Sejumlah paket sembako diberikan secara langsung ke perwakilan santri di halaman Mapolresta Malang Kota, Jumat (22/10/2021). Distribusi paket sembako lainnya kemudian dilakukan Bhabinkamtibmas ke puluhan ponpes di wilayah Kota Malang.

Total ada 2 ton 750 kg beras dan 275 paket sembako dari J99 Foundation yang dibagikan. Selain pembagian paket sembako, seluruh petugas layanan Satpas Polresta Malang Kota memakai baju muslim.

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto mengatakan, peringatan HSN tahun ini mengusung tema Santri Siaga Jiwa dan Raga. Diharapkan, para santri dapat terus memberikan kontribusi positif di setiap kegiatan terutama dalam masa pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia.

"Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kontribusi,upaya dan kerja keras para santri sudah cukup panjang perjalananya bahkan sebelum era kemerdekaan 1945 turut berjuang merebut kemerdekaan Indonesia," kata Budi Hermanto dalam apel peringatan HSN di halaman Mapolresta Malang Kota.

Hari Santri Nasional, kata dia, telah ditetapkan melalui Keppres No 22 tahun 2015 dan diperingati sebagai Hari Santri Nasional.

Menurut Budi Hermanto, para santri senantiasa berperan penting dalam perjalanan bangsa Indonesia, seperti saat pandemi sekarang.

"Ponpes sangat berperan aktif dalam rangka menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi Nasional yang mana diharapkan dapat mempercepat penanganan COVID-19," ungkapnya.

Kapolresta turut berpesan agar para santri dapat menjadi role model dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 dan berperan aktif dalam percepatan vaksinasi nasional.

(fat/fat)