Momen Hari Santri, Golkar Jatim Harap Gelar Pahlawan Syaichona Kholil Ditetapkan

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 08:44 WIB
Golkar Jatim bersholawat di Hari Santri 22 Oktober
Golkar Jatim bersholawat di Hari Santri (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Memperingati Hari Santri 22 Oktober, DPD Partai Golkar Jatim menggelar sholawatan. Bertema 'Golkar Jatim bersholawat', acara ini diikuti seluruh pengurus partai di Jatim.

Ketua DPD Golkar Jatim Sarmuji mengungkapkan, dalam momen hari santri ini, pihaknya terus berupaya agar gelar pahlawan kepada Syaichona Kholil Bangkalan segera ditetapkan pemerintah.

"Kita sudah mengambil langkah panjang ya terkait gelar pahlawan nasional Syaichona Kholil, sejak berbulan-bulan lalu kita sudah melakukan seminar, pertemuan dengan tokoh. Kita juga memerintahkan anggota DPR RI kita di komisi 8 untuk mengawal, semoga tahun ini gelar pahlawan nasional untuk Syaichona Kholil bisa ditetapkan, Golkar pertama kali yang mengusulkan," kata Sarmuji usai acara Golkar Jatim bersholawat di Surabaya, Kamis (21/10/2021) malam.

Menurut Sarmuji, Syaichonan Kholil merupakan sosok kiai, ulama yang kharismatik. Perjuangannya bersama para santri dahulu untuk Indonesia, patut diganjar dengan gelar pahlawan nasional.

Lebih lanjut, Anggota DPR RI Komisi XI ini menjelaskan, peringatan hari santri merupakan apresiasi pemerintah untuk mengakui keberadaan santri, ulama yang selama ini turut memperjuangkan kemerdekaan.

"Kita peringati hari santri sebagai tonggak perjuangan kita memperjuangkan kemerdekaan. Kita tahu benar, resolusi jihad yang diperjuangkan KH Hasyim Asyari itu melatar belakangi perjuangan arek Suroboyo saat 10 November. Kita mencintai negeri ini secara bersamaan dengan mencintai agamanya tidak menimbulkan kegamangan. Kita mencintai Indonesia sekaligus kita bisa menjadi muslim yang baik," kata Sarmuji.