Lokasi Tenggelamnya Kapal van der Wijck Dikenal Angker

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 15:28 WIB
Salah seorang penyelam yang ikut serta dalam eksplorasi Kapal van der Wijck, Faizin mengakui hal itu. Sehingga banyak warga yang tidak berani menyelam di lokasi tersebut.
Foto: Eko Sudjarwo/detikcom

"Setelahnya saya tidak berani turun lagi, karena saat itu saya hanya menyelam sendiri dan bakal ada yang tidak percaya dengan apa yang saya lihat ini," lanjutnya.

Namun apa yang diceritakan Faizin diakui Nurwakhid, salah seorang nelayan Brondong. Wakhid menyebut, sejak lama tempat atau titik di mana Kapal van der Wijck tenggelam, memang dikenal angker.

"Warga memang mengenal sekitar lokasi temuan kapal itu angker," imbuh Wakhid.

Seperti diketahui, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, kembali melanjutkan eksplorasi Kapal van der Wijck yang diceritakan tenggelam di perairan Lamongan pada 1936.

Kapal van der Wijck merupakan kapal uap milik Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM). Dibuat oleh Maatschappij Fijenoord, Rotterdam tahun 1921 yang diambil dari nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda, yang berkuasa dari tahun 1893 hingga 1899, yang bernama Carel Herman Aart van Der Wijck, yang melayani kawasan perairan di Hindia Belanda.


(sun/bdh)