Pasutri di Kediri Ajak Petani Jual Buah ke Luar Negeri dengan Frozen Food

Andhika Dwi - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 23:56 WIB
Pasutri di Kediri mengajak dan membantu petani buah agar hasil panen bisa dijual hingga luar negeri. Itu dilakukan dengan sistem frozen food
Panen belimbing di Kediri/Foto: Andhika Dwi/detikcom
Kediri -

Pasutri di Kediri mengajak dan membantu petani buah agar hasil panen bisa dijual hingga luar negeri. Itu dilakukan dengan sistem frozen food.

Pasutri ini yakni Laurensia Oktaviani dan Benny Hudiyanto. Mereka memberikan edukasi kepada petani buah yang ada di Kota kediri.

Edukasi tersebut meliputi penggunaan pupuk organik, konsistensi tanam hingga pemasaran hasil panen. Sehingga nantinya, para petani buah yang ada di Kota Kediri tidak bingung memasarkan hasil panen.

Pasutri di Kediri mengajak dan membantu petani buah agar hasil panen bisa dijual hingga luar negeri. Itu dilakukan dengan sistem frozen foodPanen jambu biji di Kediri/ Foto: Andhika Dwi/detikcom

Hasil panen petani buah di Kota Kediri tak kalah dari daerah lain. Untuk itu, pihaknya sanggup untuk menampung sekaligus memasarkan seluruh buah hasil panen petani di Kota Kediri, ke berbagai penjuru tanah air.

"Saya kelahiran Kediri. Saya ingin mengusung buah hasil petani Kediri, yang bisa dikenal oleh masyarakat luas di seluruh pelosok Indonesia. Tidak hanya itu saja, tetapi juga ke mancanegara," kata Laurensia, Selasa (19/10/2021).

Menurut Laurensia, apa yang dilakukannya bersama sang suami, tidak lain untuk membuat petani Kota Kediri dan Kabupaten Kediri lebih maju, bersaing di masa pandemi dan era teknologi digital.

"Biasanya kita tahu di Kota Kediri tidak hanya untuk petani melainkan keseluruhan UMKM, mereka bingung menjual produknya seperti apa. Mulai branding, packaging dan lain-lain. Maka dari itu kami ingin maju bersama agar petani lebih sejahtera. Dalam waktu dekat Jepang akan bekerja sama dengan Kediri," imbuh Laurensia.

Sistem kerja samanya, petani yang sudah disurvei dan kualitasnya memenuhi standar, akan langsung dipandu sampai nanti kualitasnya sudah memenuhi. Kalau sudah memenuhi akan selalu diambil hasil panennya.

Buah dari petani Kediri yang diminati pasar domestik dan luar negeri adalah buah mangga, alpukat, jambu biji, nanas, belimbing dan buah tropis lainnya. Nantinya, buah akan dipilah dan dikemas dengan rapi dalam bentuk kemasan frozen food. Sehingga bisa awet dan tahan mencapai 2 tahun lamanya.

Respons positif diutarakan oleh Lisa Dewi, petani buah belimbing dan jambu biji Nronggo, Kota Kediri. Sebagai pemilik agrowisata buah belimbing dan jambu biji, masa pandemi diakui membuat penjualan dan kunjungan wisata agro menurun.