Berkat YouTube, Utang yang Menjerat Warga-Pemuda 'Kampung YouTuber' Bondowoso Lunas

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 14:19 WIB
Kampung Youtuber di Bondowoso
Seorang warga Bondowoso sedang membuat konten (Foto file: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Bondowoso -

Menjadi YouTuber bagi warga Bondowoso, seolah menjadi berkah. Sebab, bisa 'mengkatrol' taraf kehidupan warga Dusun Posong Desa/Kecamatan Tapen, hingga membantu menyelesaikan permasalahan ekonomi yang menjeratnya.

Salah satu contohnya yakni dengan jadi YouTuber bisa membayar utang yang menjerat. Apalagi bisa membeli mobil dan sebidang tanah. Seperti Komaruddin (52), warga setempat. Utang-utangnya yang menjeratnya selama puluhan tahun sekitar Rp 500 juta, pada akhirnya dapat terlunasi.

Padahal, karena beratnya pikiran pria asal Madura itu sempat terjangkiti penyakit darah tinggi, bahkan pernah mengalami stroke ringan.

Baca juga: Cerita 'Kampung YouTuber' Bondowoso Cetak Pemuda Berpenghasilan hingga Rp 250 Juta

"Anak tertua saya, Hendri, kemudian ikuti-ikutan pemuda lain menjadi YouTuber. Alhamdulillah, utang-utang mulai dapat dicicil. Ya dari uang YouTube itu," kisah Komarudin, saat berbincang dengan wartawan, Selasa (19/10/2021).

Ia mengaku, langkah anak sulungnya itu lantas diikuti sang adik, Ryan. Bahkan, sesekali dirinya juga ikut membuat konten, kemudian diunggah oleh dua anaknya itu.

Sementara Ryan menambahkan awalnya tidak tertarik menjadi YouTuber. Sebab, dia sudah bekerja selama 3 tahun, setelah menamatkan SMA. Bahkan dia mengaku punya posisi lumayan.

Simak juga 'Frans Sanjaya, Youtuber Spesialis Action Figure Jutaan Rupiah':

[Gambas:Video 20detik]