Cerita 'Kampung YouTuber' Bondowoso Cetak Pemuda Berpenghasilan hingga Rp 250 Juta

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 11:38 WIB
Kampung Youtuber di Bondowoso
Pemuda di Bondowoso ini juga jadi YouTuber (Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Bondowoso -

Dusun Posong, Desa/Kecamatan Tapen, Bondowoso, kini bisa dibilang 'Kampung YouTuber'. Sebab, puluhan pemuda desa ini saat ini menjadi YouTuber. Bahkan banyak yang berhasil secara finansial.

Para pemuda desa ini tinggal sekitar 15 KM dari Kota Bondowoso tidak lagi butuh merantau, setamat sekolah. Karena banyak dari para pemuda mencoba peruntungan dengan jadi YouTuber.

Secara materi, tak sedikit dari mereka jadi jutawan. Memiliki mobil, motor, maupun benda berharga lainnya. Sebab dengan jadi YouTuber, mereka berpenghasilan puluhan hingga ratusa juta rupiah per bulan.

Adalah Imam Januar (34), warga Dusun Posong, Desa dan Kecamatan Tapen yang mengawalinya. Lelaki yang dulunya bekerja sebagai karyawan toko pakaian di Kota Bondowoso ini, kini berpenghasilan fantastis. Sekitar 250 juta per bulan.

Baca juga: Mengintip 'Kampung YouTuber' di Bondowoso yang Menghasilkan Rp 250 Juta/Bulan

Ia mengaku sama sekali tak pernah menyangka, belajar autodidaknya mengenai YouTube akan membuahkan hasil seperti saat ini. Pemuda lulusan SMA Negeri 1 Tapen ini juga tak segan membagikan kiat suksesnya ke pemuda setempat.

Ia menyediakan rumahnya untuk dijadikan tempat belajar warga sekitar yang berminat belajar membuat konten media sosial itu. Tapi yang bermuatan positif, namun tetap menarik.

Jika biasanya setamat SLTA para pemuda banyak mengadu nasib ke Bali atau Surabaya maupun kota besar lainnya, kini mereka lebih berdaya dengan lebih banyak tinggal di rumahnya. Mengelola kanal YouTube.

Lihat juga Video: Frans Sanjaya, Youtuber Spesialis Action Figure Jutaan Rupiah

[Gambas:Video 20detik]