Mitos Desa Bikin Baper Jomblo di Jombang Tak Seromantis Namanya

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 12:01 WIB
Mitos di Desa Pacar Peluk Jombang Tak Seromantis Namanya
Nama Desa Pacar Peluk diambil dari nama tanaman (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Nama Desa Pacar Peluk di Kecamatan Megaluh, Jombang bikin baper para jomblo yang mendengarnya. Asal detikers tahu saja, mitos yang berkembang di kampung ini tak seromantis namanya lho.

Mitos di Desa Pacar Peluk tidak lepas dari sosok Prawiroyudho alias Mbah Konde. Dialah orang lurah atau kepala desa pertama di kampung ini. Mbah Konde menjabat lurah pada zaman penjajahan Belanda tahun 1870-an.

Kala itu Mbah Konde pula yang memberi nama Desa Pacar Peluk. Ia menggabungkan nama Dusun Pacar dan Dusun Peluk di desa ini.

Setelah wafat, Mbah Konde dimakamkan di kompleks makam khusus eks Kades Pacar Peluk. Makam tersebut sekitar 500 meter di sebelah utara kantor desa yang masuk wilayah Dusun Pacar.

Keturunan Kelima Mbah Konde Haris Sutiyono (50) meyakini leluhurnya itu masih menjaga Desa Pacar Peluk sampai era modern saat ini. Oleh sebab itu, makam Mbah Konde tidak boleh digunakan untuk berbuat maksiat. Salah satunya untuk pesta minuman keras.

"Kalau tempat ini (Makam Mbah Konde) dipakai untuk mabuk-mabukan, bakal korsleting semua. Bisa korslet jiwanya atau ekonominya. Kalau secara gaibnya Pacar Peluk masih dalam pantauan beliau (Mbah Konde)," kata Haris kepada wartawan di rumahnya, Minggu (17/10/2021).

Ia meyakini mitos tersebut bukanlah isapan jempol. Suatu ketika saat dirinya pulang dari bekerja di Bali, ia menerima laporan dari warga. Karena ada sekelompok pemuda desa yang nekat meminum minuman keras (Miras) di Makam Mbah Konde.