Nama Desa di Jombang Ini Bikin Baper Kaum Jomblo Lho

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 09:41 WIB
Nama Desa di Jombang Ini Bikin Baper Kaum Jomblo, Desa Pacar peluk. Penasaran Asal-usulnya?
Desa Pacar Peluk di Jombang (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Nama sebuah desa di Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, ini terkenal romantis. Bagaimana tidak, nama desa unik ini mengandung arti pelukan dari kekasih atau memeluk kekasih.

Desa ini bernama Desa Pacar Peluk. Eits, para jomblo jangan baper saat mendengarnya ya.

Kehidupan penduduk Pacar Peluk sama dengan masyarakat desa pada umumnya. Kampung ini mempunyai 4 dusun. Yaitu Dusun Pacar, Dusun Peluk, Dusun Soko dan Dusun Tegalrejo. Meski begitu tidak ada yang istimewa terkait romantisme di desa ini.

"Saat saya di Jakarta, Surabaya dan Bali ditanya orang kampung asal saya. Saya jawab dari Desa Pacar Peluk, Jombang, langsung ditertawai orang," kata Haris Sutiyono (50), keturunan kelima Kades Pacar Peluk Pertama Prawiroyudho alias Mbah Konde kepada wartawan di rumahnya, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Silakan Tertawa, Nama-nama Desa di Jatim Ini Unik dan Lucu

Usut punya usut, ternyata nama desa ini terinspirasi tanaman Pacar Kuku. Daun tanaman bernama latin Lawsonia Inermis ini biasa digunakan untuk pewarna kuku hingga tekstil. Tumbuhan perdu ini berbeda jauh dengan bunga pacar air.

"Cerita ibu saya dulu ada orang susah dalam mencari penghidupan. Karena lelah, mereka berteduh di bawah pohon pacar, bukan bunga pacar air. Mereka berdua makan nasi satu puluk-satu puluk (per suap pakai tangan) untuk mempertahankan hidup, akhirnya desa ini dinamai Pacar Peluk," terang Haris.

Sementara Kades Pacar Peluk Bambang Suirman menjelaskan ada cerita rakyat yang dipercaya masyarakat hingga kini ihwal asal-usul nama desanya.

"Kisah ini berawal dari datangnya seorang pengembara bernama Mbah Wonoyudho dari Jateng," kata kades.

(fat/fat)