Mengenal Sosok Mbah Konde, Pemberi Nama Desa di Jombang yang Bikin Baper Jomblo

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 11:27 WIB
Mengenal Sosok Mbah Konde, Pemberi Nama Desa di Jombang yang Bikin Baper Kaum Jomblo
Makam Mbah Konde, pemberi nama desa yang bikin baper jomblo (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Mbah Konde menjadi lurah atau kepala desa pertama di Desa Pacar Peluk, Kecamatan Megaluh, Jombang. Pemilik nama asli Prawiroyudho itulah yang menyematkan nama Desa Pacar Peluk sehingga terkenal romantis hingga kini.

Kepala Desa Pacar Peluk Bambang Suirman mengatakan, Mbah Konde menjadi lurah pertama di Desa Pacar Peluk. Eyang Prawiroyudho menjabat kepala desa pada zaman penjajahan Belanda tahun 1870-an. Nama Pacar Peluk merupakan pemberiannya.

"Beliau dijuluki Mbah Konde karena beliau berambut panjang dan digelung dengan memakai tusuk konde," kata Suirman kepada wartawan di rumahnya, Senin (18/10/2021).

Ia menjelaskan, Mbah Konde merupakan cucu pengembara asal Jateng, Mbah Wonoyudho. Kakek Mbah Konde menjadi orang pertama yang menebang hutan dan mendirikan tempat tinggal di Desa Pacar Peluk.

Baca juga: Ini Asal Usul Nama Desa di Jombang yang Bikin Baper Kaum Jomblo

Menurut dia, Mbah Konde banyak melakukan pembangunan selama menjabat Kades Pacar Peluk. Salah satunya balai desa megah yang masih berdiri sampai saat ini. Mbah Konde juga membangun lumbung paceklik, saluran irigasi dan tempat ibadah.

Tokoh bernama asli Prawiroyudho itu terkenal sakti dan kaya raya. Oleh sebab itu, Mbah Konde disegani masyarakat maupun penjajah Belanda.

"Peninggalan Mbah Konde banyak, salah satunya kantor desa dan balai desa. Dulunya rumah pribadi Mbah Konde diserahkan untuk kegiatan pemerintahan desa," terangnya.