Mengenal Sosok Mbah Konde, Pemberi Nama Desa di Jombang yang Bikin Baper Jomblo

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 11:27 WIB
Mengenal Sosok Mbah Konde, Pemberi Nama Desa di Jombang yang Bikin Baper Kaum Jomblo
Makam Mbah Konde, pemberi nama desa yang bikin baper jomblo (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)

Keturunan kelima Mbah Konde Haris Sutiyono (50) menuturkan, leluhurnya itu mempunyai tiga putra dan tiga putri bersama istrinya, Mbah Rahayu. Sayangnya, lukisan dan data-data tentang Mbah Konde telah raib.

Menurut dia, data-data tersebut terakhir kali disimpan di rumah neneknya, Mbah Fatimah yang tergusur pelebaran tanggul Sungai Brantas.

"Beliau sosoknya tinggi besar, putih, wajahnya kearab-araban. Aslinya beliau dari Demak, anak buahnya Pangeran Diponegoro, mungkin ditugaskan untuk kegiatan sosial kemanusiaan karena jiwanya kesatria," jelasnya.

Baca juga: Nama Desa di Jombang Ini Bikin Baper Kaum Jomblo Lho

Ia membenarkan kantor Desa Pacar Peluk dulunya merupakan rumah pribadi Mbah Konde. "Rumah di kelurahan sampai hari ini masih punya Mbah Konde. Punya desa hanya kantor desa dan halamannya saja. Pendapa sampai ke selatan masih atas nama Mbah Konde. Itu menjadi kantor desa karena dijual oleh anak Mbah Konde yang nakal, Mbah Timan," ungkap Haris.

Setelah wafat, Mbah Konde dimakamkan di Desa Pacar Peluk. Makamnya sekitar 500 meter di sebelah utara kantor desa, bersebelahan dengan Sungai Brantas.

Di tempat ini juga terdapat makam sejumlah Kades Pacar Peluk terdahulu dan penerus Mbah Konde. Makam Mbah Konde berada di dalam sebuah bangunan menyerupai rumah.


(fat/fat)