Misteri Tiket Tahun 1965 yang Dibawa Penumpang Bus Hantu Banyuwangi-Surabaya

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 10:02 WIB
terminal purabaya bungurasih
Terminal Purabaya-Bungurasih (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Sidoarjo -

Kisah bus hantu jurusan Banyuwangi-Surabaya, yang hanya menempuh perjalanan 5 menit masih jadi misteri hingga kini. Bus tersebut seakan nyata karena juga menyediakan tiket untuk penumpangnya.

Warga sekitar Terminal Purabaya Bungurasih, Syafiil Anam mengaku masih ingat raut kebingungan penumpang wanita yang baru turun dari bus hantu tersebut.

Saat itu pada tahun 1997, Syafiil menyebut ada penumpang yang mengaku baru saja diturunkan dari bus. Penumpang itu kaget karena jarak tempuh Banyuwangi menuju Surabaya yang biasanya 5 - 6 jam, hanya ditempuh 5 menit saja.

Warga hingga kru bus di sekitar terminal pun ikut berkumpul dan kaget akan kesaksian penumpang tersebut. Namun, penumpang itu juga menunjukkan tiket bus. Tiket tersebut sama seperti tiket bus pada umumnya.

Baca juga: Cerita Bus Hantu Jurusan Banyuwangi-Surabaya Hanya Ditempuh 5 Menit, Hii..

"Turunnya di penurunan penumpang Purabaya situ, dulu sempat ramai tahun 1997. Karena penumpang yang diturunkan dia membawa karcis, kalau nggak salah namanya Bus Darah," kata Syafiil kepada detikcom di Surabaya, Jumat (15/10/2021).

Syafiil menambahkan petugas di Terminal Purabaya hingga Garnisun ikut menanyai penumpang tersebut. Dia mengaku turun dari bus sendirian. Namun, bus dalam keadaan penuh penumpang.

"Waktu itu ditanyai Garnisun sama orang-orang dinas di terminal, jadi dia itu cuma sendiri turunnya, penumpang lainnya di bus kelihatan dingin, ya manusia cuma katanya di bus nggak berbicara, kayak dingin gitu," ungkap Syafiil.

"Jadi orang-orang Garnisun, makelar di terminal juga nggak percaya. Tapi penumpang itu bisa melihatkan karcisnya," tambahnya.

Saksikan juga: Napak Tilas dan kesaksian Bocah Hilang di Gunung Guntur

[Gambas:Video 20detik]