Satpol PP Jatim Gelar Simulasi Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana di Pacitan

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 11:00 WIB
Satpol PP Jatim Gelar Simulasi di Pacitan
Simulasi bencana di Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikcom)
Pacitan -

Ratusan warga berkumpul di lapangan Desa Gembong, Kecamatan Arjosari. Tempat itu digambarkan sebagai titik kumpul pengungsi. Ini setelah bencana longsor dan banjir menimpa kawasan tersebut. Apalagi usai gempa terjadi Rabu (13/10/2021).

Itu adalah penggalan adegan simulasi mitigasi bencana yang dihelat Satpol PP Provinsi Jatim. Kegiatan itu sendiri melibatkan seluruh potensi yang ada. Baik unsur Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) maupun warga.

Dua orang warga tampak membakar lahan. Kepulan asap yang semula menutup tumpukan semak kering berubah menjadi kobaran api. Tak butuh waktu lama, lahan kering itu dipenuhi abu kehitaman.

"Toloooong, toloooong," teriak pemilik lahan yang diperankan dua orang remaja.

Teriakan terdengar lantang hingga seantero wilayah. Warga yang mendengarnya bergegas menuju titik kebakaran. Mereka tampak membawa peralatan pemadaman tradisional. Tampak pula anggota Satlinmas bersama TNI/Polri dalam simulasi ini.

Ternyata musibah tak hanya terhenti di situ. Sebuah rumah di lereng bukit ambruk terbawa tanah longsor. Tidak itu saja, kompor di dalam rumah meledak hingga menyebabkan kebakaran. Beruntung pemilik rumah segera dapat diselamatkan.