Ikut Vaksinasi di Blitar Raya, Warga Antusias Bawa Pulang 10 Butir Telur

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 09:52 WIB
Serbuan Vaksin di Blitar, Tiap Warga Dapat 10 Butir Telur
Vaksinasi di Blitar (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Hari ini serbuan vaksinasi digelar di Blitar Raya. Untuk menarik minat warga, pemda memberikan 10 butir telur ke warga yang melakukan vaksinasi di dua lokasi.

Serbuan 30.000 vaksin ini kerjasama TNI AL Koarmada II dengan Pemkab dan Pemkot Blitar. Dua lokasi disiapkan bagi warga yang datang memanfaatkan fasilitas vaksinasi gratis ini.

Pemkab Blitar menggelar selama dua hari di lapangan Kantor Kabupaten Blitar di Jalan Kusuma Bangsa, Kanigoro. Hari ini, sebanyak 6.000 dosis disiapkan bagi warga Kabupaten Blitar. Selain di Kanigoro, sebanyak 24 puskesmas yang tersebar di 22 kecamatan di Kabupaten Blitar juga serentak memberikan serbuan vaksin Sinovac ini.

"Di Lapangan Kankab hari ini kami sediakan 6.000 dosis vaksin Sinovac. Selain itu, serbuan vaksin juga dilaksanakan di 24 puskesmas secara serentak," jelas Plt Kadinkes Pemkab Blitar, Endah Woro Utami, Kamis (14/10/2021).

Sedangkan Pemkot Blitar menyiapkan sebanyak 10.000 dosis vaksin Sinovac. Pelaksanaan serbuan vaksin untuk wilayah kota, dilaksanakan di Gedung Kesenian Aryo Blitar Jalan Kenari. Sekretaris Dinkes Pemkot Blitar, Dharma Setyawan mengatakan, pelaksanaan serbuan vaksin ini untuk mengejar target vaksin saat Kota Blitar menerapkan era new normal.

"Hari ini serbuan vaksin 10.000 dosis kami siapkan. Yang 5.000 dosis dilaksanakan di gedung kesenian, sisanya di puskesmas dan semua yankes baik negeri maupun swasta di Kota Blitar. Ini untuk mengejar target untuk Kota Blitar jalankan era new normal," kata Dharma.

Menariknya, serbuan vaksin ini diselipi aksi sosial ASN di jajaran Pemkab Blitar. Karena setiap warga yang memanfaatkan fasilitas vaksin gratis ini, juga akan mendapat 10 butir telur.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Blitar Tuti Komariah mengatakan telur itu dibeli dari urunan seluruh ASN di jajaran Pemkab Blitar. Mereka membeli telur langsung kepada peternak layer dengan harga di atas ketentuan Permendag, yakni Rp 19.000 per kg.

"Ada 6.000 paket telur kami berikan kepada warga yang ikut serbuan vaksin di lapangan kankab. Setiap paket berisi 10 butir telur. Ini sebagai bentuk kepedulian anggota Korpri untuk masyarakat saat menghadapi pandemi Corona," pungkasnya.

(fat/fat)