Soal Alas Ketonggo Ngawi yang Dipercaya Gerbang Alam Gaib Gunung Lawu

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 09:30 WIB
Alas Ketonggo Ngawi seolah tak bisa dipisahkan dengan Gunung Lawu. Bahkan, hutan itu dipercaya sebagai gerbang alam gaib Gunung Lawu.
Alas Ketonggo Ngawi/Foto: Sugeng Harianto/detikcom

Kekuatan gaib di Alas Ketonggo Ngawi juga dirasakan Suyono, pengunjung asal Geneng, Ngawi. Kekuatan gaib dirasakan di tengah Sungai Tempur atau Sungai Tempuk. Di lokasi pertemuan dua sungai yakni Sungai Ketonggo dan Cangmalang pengunjung merasakan energi positif.

"Betul di tengah sungai itu sangat luar biasa kita rasakan saat berendam sambil berdoa. Kita berdoa untuk semua leluhur yang pernah singgah di sini secara Islam. Tentu tetap kita juga meminta agar diberikan kesehatan selalu," ungkap Suyono.

Suyono mengatakan, dirinya sering mandi saat pulang kampung dari bekerja di Surabaya. "Saya setiap pulang sering mandi di sungai ini. Kekuatannya sangat luar biasa capek-capek hilang setelah mandi. Ini saya punya benjolan di bawah kiri ini hilang setelah mandi di sini. Lokasi ini dipercaya petilasan Prabu Brawijaya yang menuju puncak Gunung Lawu," ujarnya.

Pantauan detikcom, tampak pengunjung menanggalkan pakaian mereka di atas bebatuan pinggir Sungai Tempuk. Di ruang berukuran sekitar satu kali dua meter tampak bekas dupa dan sesajen yang ditaruh dalam takir terbuat dari daun pisang.

Sesajen itu terdiri dari bunga mawar, kemiri, telur ayam, gerih atau ikan asin, ikan teri, enjet, daun dadap serep, gula merah, kelapa diiris. Kemudian ada pula biji pinang, suruh dan gambir.


(sun/bdh)