Jokowi Harap Smelter PT Freeport di Gresik Jadi Magnet Investasi

Jokowi Harap Smelter PT Freeport di Gresik Jadi Magnet Investasi

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 13:03 WIB
Jokowi Groundbreaking Pembangunan Smelter PT Freeport di Gresik
Foto: Tangkapan Layar (Foto: YouTube Channel Setpres)
Gresik - Presiden Joko Widodo groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik. Jokowi berharap dibangunnya smelter ini magnet untuk investasi.

"Saya berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus di Gresik ini akan menjadi daya tarik industri-industri lain untuk masuk ke KEK Gresik ini, khususnya industri turunan tembaga untuk ikut berinvestasi di sini," kata Jokowi di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/10/2021).

Jokowi menambahkan pihaknya juga akan mendukung penuh. Misalnya terkait infrastruktur hingga kebutuhan industri dan SDM.

"Pemerintah akan memberikan dukungan penuh agar iklim investasi kita semakin baik. Tadi seperti yang diminta oleh Pak Menko tadi infrastrukturnya terus akan kita dukung, kemudahan dan kepastian berusaha akan kita dukung," papar Jokowi.

Baca juga: Khofifah Ingin 40 Ribu Pekerja yang Bangun Smelter PT Freeport dari Jatim

"Kemudian ketersediaan SDM sesuai dengan kebutuhan industri, juga nanti pemerintah provinsi hingga pemerintah kabupaten juga ikut mendukung agar KEK Gresik semakin maju dan Indonesia akan semakin diminati sebagai tujuan investasi," tambahnya.

Diketahui, smelter ini bisa memproses 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Sedangkan kapasitas pabrik pemurnian lumpur anoda untuk menjadi emas, mencapai 6.000 ton per tahun.

Tak hanya itu, Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik ini dibangun di lahan seluas 103 hektar dengan nilai investasi 3 miliar dollar Amerika atau Rp 42 triliun. Nantinya, pembangunan akan membutuhkan 40 ribu pekerja.

Dalam kunjungannya, Jokowi juga ditemani sejumlah menteri. Seperti Menteri BUMN, Menko Perekonomian, Menteri ESDM, hingga Menteri Perindustrian. Tak hanya itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta hingga Pangdam V/Brawijaya juga turut menemani kunjungan Jokowi ke Gresik.

(hil/fat)