Umroh Dibuka untuk Indonesia, Kemenag Jatim: Tunggu Regulasi Resmi

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 18:12 WIB
Beautiful sunrise from the city of makkah
Foto: iStock
Surabaya -

Pemerintah Arab Saudi membuka izin keberangkatan umrah untuk jemaah asal Indonesia. Kanwil Kemenag Jawa Timur mengaku masih menunggu petunjuk teknis dari pusat.

Kepala Kanwil Kemenag Jatim Husnul Maram mengatakan pihaknya belum bersiap-siap dalam mengatur pemberangkatan jamaah. Hal ini mengingat aturan teknis perihal umroh masih belum keluar.

"Kebijakan regulasi terkait dengan umrah kita masih menunggu surat dari Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah," kata Husnul Maram di Surabaya, Senin (11/10/2021).

Pria yang baru saja dilantik beberapa hari lalu ini menambahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi. Nantinya jika regulasi turun, Kanwil Kemenag Jatim dipastikan langsung bergerak cepat.

"Tapi kita sudah komunikasi dan berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait bilamana sudah ada surat tersebut turun, kita tindaklanjuti dengan segera dan sesuai dengan regulasi tersebut," tambahnya.

Dia menyebut setelah Arab Saudi menutup pintu umroh untuk Indonesia 2 tahun lalu, saat ini masih belum ada masyarakat yang mendaftar. Namun pihaknya akan segera tancap gas jika regulasi pusat sudah turun.

"Sebelum Corona, Jatim itu yang berangkat umroh setiap harinya 95 ribu. Begitu adanya pandemi seperti ini semua pendaftaran ditutup, sehingga sampai detik ini nol yang mendaftar," ujarnya.

"Begitu nanti kalau sudah ada surat dari dirjen, maka kita laksanakan sesuai dengan regulasi yang ada," pungkasnya.

(hil/fat)