Round-Up

Muncul Makam Misterius Usai Backhoe Tabrak Ular hingga Mati di TWA Ijen

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 08:49 WIB
Makam Misterius di Jalur TWA Kawasan Ijen
Makam di pinggir jalan TWA Ijen (Foto file: Ardian Fanani/detikcom)
Surabaya -

Muncul teka-teki keberadaan makam misterius di pinggir jalan jalur Pegunungan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Banyuwangi. Tak ayal pengunjung dibuat ngeri saat melihat nisan warna putih dengan batu kijing dan batu nisan di atasnya.

Dua batu nisan terbungkus kain berwarna putih yang biasa digunakan untuk kafan. Posisinya pun membujur dari arah selatan ke utara layaknya makam manusia. Terdapat pagar dari bambu di sisi barat, selatan dan utara makam.

Namun di sisi sebelah timur dibiarkan terbuka, sehingga tampak jelas oleh pengendara yang hendak menuju TWA kawah Ijen. Makam ini terlihat di lokasi sisi kiri jalan dari arah Banyuwangi, masuk wilayah Desa Tamansari, Kecamatan Licin. Jarak dari jalan sekitar 5 meter.

Lokasinya tepat sebelum aliran 'Banyu Linu'. Tampak terlihat jelas ketika kendaraan melintas di sekitar lokasi. Diduga makam itu adalah petilasan salah satu raja dari Bali.

Baca juga: Muncul Makam Misterius di Jalur TWA Kawah Ijen, Petilasan Raja Bali?

Misiono, salah satu guide tour TWA Kawah Ijen mengatakan makam misterius karena ada proyek pelebaran jalan. Makam itu ditemukan pekerja proyek saat alat berat proyek menghantam ular besar di lokasi petilasan.

Diakui Misiono, salah satu guide Tour TWA Kawah Ijen, memang ada cerita mistis saat pengerjaan proyek pelebaran jalan di jalur menuju TWA Ijen tersebut. Saat melakukan pelebaran jalan, tiba-tiba saja alat berat menghantam tubuh seekor ular besar sepanjang 8 meter.

"Saat pelebaran jalan tepat di petilasan itu, alat berat backhoe menghantam tubuh seekor ular besar hingga mati. Kalau panjang katanya sekitar 8 meteran," cerita Misiono kepada detikcom, Sabtu (9/10/2021).

Lihat juga Video: Evakuasi Ular Sanca 5 Meter yang Sembunyi di Saluran Air Rumah Warga

[Gambas:Video 20detik]