Cerita Mistis Pelebaran Jalan di TWA Kawah Ijen, Backhoe Rusak Usai Tabrak Ular

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 16:26 WIB
Banyuwangi -

Munculnya makam misterius di pinggir jalan jalur Pegunungan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, karena ada proyek pelebaran jalan. Makam itu ditemukan pekerja proyek saat alat berat proyek menghantam ular besar di lokasi petilasan.

Menurut warga, makam misterius itu merupakan petilasan Buju' Linu yang disebut-sebut sebagai salah satu raja dari Bali.

Diakui Misiono, salah satu guide Tour TWA Kawah Ijen, memang ada cerita mistis saat pengerjaan proyek pelebaran jalan di jalur menuju TWA Ijen tersebut. Saat melakukan pelebaran jalan, tiba-tiba saja alat berat menghantam tubuh seekor ular besar sepanjang 8 meter.

Baca juga: Munculnya Makam Misterius di Jalur TWA Kawah Ijen Bikin Ngeri Pengunjung

"Saat pelebaran jalan tepat di petilasan itu, alat berat backhoe menghantam tubuh seekor ular besar hingga mati. Kalau panjang katanya sekitar 8 meteran," ceritanya.

Seketika itu juga, backhoe yang digunakan untuk menggali tanah rusak. Para pekerja pun akhirnya tak bisa melanjutkan proyek untuk sementara. Pengerjaan proyek akhirnya dihentikan. Namun pada malam harinya, salah satu pekerja bermimpi ditemui penunggu petilasan itu. Dalam mimpinya, penggarap proyek diminta untuk memperlakukan bangkai ular tersebut layaknya manusia.

"Jadi yang dimakamkan di petilasan itu adalah ular yang mati karena tertimpa alat backhoe. Itu memang diperlakukan seperti jenazah manusia, karena ada pekerja yang didatangi sosok penunggu di situ," kata Misiono.