Belasan Siswa SMKN Keracunan, Polisi Periksa Saksi dan Sampel Makanan

Adhar Muttaqin - detikNews
Minggu, 10 Okt 2021 16:54 WIB
Belasan siswa SMK Negeri 1 Rejotangan Tulungagung dilarikan ke Puskesmas karena diduga mengalami keracunan. Mereka usai menyantap makanan katering.
Siswa SMK Negeri 1 Rejotangan Tulungagung yang diduga mengalami keracunan/Foto: Adhar Muttaqin/detikcom
Tulungagung -

Jumlah siswa SMK Negeri 1 Rejotangan yang keracunan bertambah dari 12 menjadi 13 siswa. Polisi tengah melakukan penyelidikan terkait kasus keracunan tersebut.

Saat ini, petugas melakukan pemeriksaan sejumlah saksi. Kemudian mengambil sampel makanan yang dikonsumsi para siswa.

"Hari ini kami memanggil pihak sekolah dan penyedia makanan. Pemeriksaan di Polres Tulungagung," kata Kapolsek Rejotangan AKP Heri Poerwanto, Minggu (10/10/2021).

Petugas Inafis Polres Tulungagung mengambil sejumlah sampel makanan. "Sampel makanan ini akan kami lakukan uji laboratorium," ujarnya.

Heri menjelaskan, kasus tersebut saat ini ditangani langsung Polres Tulungagung. Ada 13 siswa SMKN 1 Rejotangan yang dilarikan ke Puskesmas Banjarejo karena mengalami keracunan, usai menyantap nasi kotak. Para siswa mengeluh mual, muntah-muntah, diare hingga panas.

Peristiwa itu bermula saat puluhan siswa mengikuti kegiatan pentas karya di sekolah, pada Hari Jumat dan Sabtu. Pada Jumat sore mereka mengkonsumsi nasi kotak dengan lauk mi, sambal goreng tahu dan telur.

Belasan siswa mulai merasakan sakit pada Jumat malam. Namun puncaknya pada Sabtu siang. Sehingga mereka dilarikan ke Puskesmas Banjarejo, guna mendapatkan penanganan medis.

(sun/bdh)