Siswa SMKN 1 Rejotangan Tulungagung yang Keracunan Makanan Bertambah

Adhar Muttaqin - detikNews
Minggu, 10 Okt 2021 14:42 WIB
Belasan siswa SMK Negeri 1 Rejotangan Tulungagung dilarikan ke Puskesmas karena diduga mengalami keracunan. Mereka usai menyantap makanan katering.
Siswa SMK Negeri 1 Rejotangan Tulungagung yang diduga mengalami keracunan/Foto: Adhar Muttaqin/detikcom
Tulungagung -

Jumlah siswa SMK Negeri 1 Rejotangan yang keracunan bertambah dari 12 menjadi 13 siswa. Kondisi kesehatan mereka rata-rata mulai membaik.

Petugas Puskesmas Banjarejo, Kecamatan Rejotangan, Intan Retnosari mengatakan, satu pasien tambahan tersebut datang ke Puskesmas pagi tadi, dengan keluhan mual, panas dan lemas.

"Kemarin itu ada 12, kemudian tadi ada tambahan satu. Keluhannya ada yang diare, mual, muntah dan juga panas. Namun sejauh ini kodisinya semakin baik," kata Intan, Minggu (10/10/2021).

Untuk menangani para pasien yang diduga mengalami keracunan tersebut, pihaknya telah memberikan sejumlah tindakan medis. Mulai dari pemberian obat hingga terapi cairan.

Menurutnya berdasarkan analisa sementara, belasan siswa SMKN 1 Rejotangan tersebut mengalami keracunan makanan. Itu teridentifikasi dari keluhan serta dampak yang ditimbulkan.

"Kemudian makanan yang dikonsumsi juga sama semua," jelasnya.

Salah seorang korban Adisya Ayuni mengaku, sebelum dilarikan ke Puskesmas, ia dan puluhan siswa di sekolahnya mengikuti kegiatan pentas karya yang dilakukan pada Jumat dan Sabtu.