Bangga Banget, Anak Bangsa Bikin Vaksin Rabies-H5N1 dan Serum Flu Babi

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 11:11 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melaunching dua vaksin dan satu serum buatan anak bangsa. Ada vaksin untuk rabies, vaksin flu burung hingga serum flu babi.
Mentan Syahrul Yasin Limpo launching 2 vaksin dan 1 serum (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melaunching dua vaksin dan satu serum buatan anak bangsa. Ada vaksin untuk rabies, vaksin flu burung hingga serum flu babi. Launcing ini bertepatan peringatan Hari Rabies Sedunia 2021.

Dalam sambutannya, Syahrul mengaku bangga dan akan melaporkan temuan ini ke Presiden Jokowi. Sebab, dua vaksin dan satu serum ini merupakan temuan yang pertama di dunia.

Pertama, vaksin rabies bertajuk Neorobivet, yang merupakan karya asli anak bangsa. Vaksin ini sudah teregistrasi dan terverifikasi untuk vaksin pada anjing, kera hingga kucing.

Vaksin kedua yakni, vaksin Afluvet Hilow. Vaksin ini merupakan vaksin kombinasi yang mengandung virus H5N1 atau Flu Burung dan H9N2 atau Avian Influenza. Vaksin ini juga bisa memberikan perlindungan pada virus AIH5N1.

Ketiga, ada serum flu babi bertajuk Scovet ASF. Serum ini merupakan yang pertama di dunia, karena selama 50 tahun penelitian, vaksin flu babi belum juga ditemukan. Tak hanya itu, serum ini juga sudah diujicobakan di sejumlah babi ternak dan memiliki efektivitas hingga 52%.

"Hari ini kita melepas dua vaksin, satu serum. Kalau vaksin sudah diuji dan serum melalui proses yang panjang. Vaksin flu burung ini menjadi kebanggaan Indonesia," kata Syahrul di Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) Surabaya, Jumat (8/10/2021).

Simak juga 'Indra Rudiansyah Sempat Bawa Pulang Teknologi Viral Vector ke RI':

[Gambas:Video 20detik]