Pos Pendakian Pondok Mayit Gunung Raung Pernah Ditemukan Mayat Tak Dikenal

Chuck Shatu Widarsa - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 17:50 WIB
Gunung Raung Punya Empat Pos Pendakian Menyeramkan, Ini Nama-namanya
Pos pendakian Gunung Raung (Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Bondowoso -

Nama-nama pos pendakian Gunung Raung, Bondowoso, memang bikin bulu kuduk berdiri. Salah satunya Pondok Mayit, Pondok Dedemit. Sepintas dalam benak seseorang, tempatnya dipenuhi mayat atau dedemit. Benarkah?

Menurut seorang warga desa terdekat, memang tak ada yang bisa memastikan awal penyebutan istilah itu. Misto (70), warga Desa Tegal Jati, Sumberwringin, Bondowoso, menyebut ada kemungkinan hubungan dengan peristiwa dan kejadian tertentu.

"Di daerah itu dulu memang pernah ditemukan mayat. Tapi sudah tak bisa dikenali, tinggal kerangka. Tapi saya lupa tahun berapa itu. Sudah lama sekali kok," kata Misto kepada detikcom, Kamis (7/10/2021).

Karena medannya cukup berat untuk mengevakuasi, dan tak bisa dikenali, serta warga sekitar tak ada yang merasa kehilangan anggota keluarga, akhirnya langsung dikubur di sekitar sana.

"Bisa jadi itu orang berburu atau sedang menjalani ritual atau bertapa dan berasal dari luar daerah. Saat itu tinggal belulangnya kok," terang kakek 7 cucu ini.

Mungkin sejak itulah, kata Misto, orang-orang sekitar sini menyebutnya 'seh majit' (bahasa Madura), artinya si mayat atau tepat ditemukan jenazah tak dikenal.

Pos Pondok Mayit memang selalu dijadikan jujukan pendaki untuk membuka tenda dan bermalam, sebelum melanjutkan etape berikutnya. Di tempat cukup lapang ini, pendaki biasanya membuka atau mendirikan tenda.