Pos Pendakian Gunung Raung Kerap Disebut Pondok Mayit-Demit

Chuck Shatu Widarsa - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 16:06 WIB
Gunung Raung Punya Empat Pos Pendakian Menyeramkan, Ini Nama-namanya
Pos pendakian di Gunung Raung (Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Bondowoso -

Pos pendakian Gunung Raung, Bondowoso, kebanyakan bernama aneh dan menyeramkan. Pos-pos itu bernama pondok mayit, pondok tonjok, pondok demit, pondok angin dan lain-lain.

Namun suasana sedikit beda dirasakan saat tiba di pondok mayit. Sebab, sebagian pendaki mengaku pos ini relatif sering terjadi penampakan.

Pos Pondok Mayit memang selalu dijadikan jujukan pendaki untuk membuka tenda dan bermalam, sebelum melanjutkan etape berikutnya. Di tempat cukup lapang ini, pendaki biasanya membuka atau mendirikan tenda.

"Nah, pas malam itulah penampakan semacam makhluk astral biasanya muncul," kata Wahyu, seorang pegiat alam bebas Situbondo, ditemui detikcom di rumahnya, Kamis (7/10/2021).

Ia mengisahkan, saat itu dirinya naik ke gunung itu dengan beberapa anggota timnya yang perempuan. Setelah seharian perjalanan, mereka kemudian beristirahat malam.

"Mendadak, tengah malam dia lalu teriak-teriak seperti kesurupan. Bahkan, saat berbicara pun vokalnya bukan seperti dia. Suaranya malah besar menggelegar," cerita Wahyu.

Untung saja, imbuhnya, ada teman yang juga punya pengetahuan gaib agak lebih. Si perempuan lantas 'diobati', dengan dibacakan ayat-ayat Al Quran. Lalu sembuh.

Simak juga 'Kisah Mistis di Balik Bocah Hilang 5 Hari di Gunung Guntur':

[Gambas:Video 20detik]