Sekolah MAN Kota Pasuruan Kebakaran, Siswa Belajar Daring

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 14:12 WIB
Kebakaran terjadi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Pasuruan pada Rabu (6/10) pukul 19.00 WIB. Pihak sekolah memberlakukan pembelajaran jarak jauh atau daring.
Kepala MAN Kota Pasuruan, Basri/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan -

Kebakaran terjadi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Pasuruan pada Rabu (6/10) pukul 19.00 WIB. Pihak sekolah memberlakukan pembelajaran jarak jauh atau daring.

Sebelum kebakaran terjadi, pembelajaran tatap muka sudah digelar di sekolah ini. Kebakaran terjadi saat para siswa sudah pulang.

"Karena terjadi kebakaran kami putuskan PJJ (pembelajaran jarak jauh)," kata Kepala MAN Kota Pasuruan, Basri, Kamis (7/10/2021).

Selain masih harus dilakukan olah TKP oleh polisi, listrik di lokasi juga padam. Sehingga tak memungkinkan dilakukan pembelajaran tatap muka.

"Dampaknya ya itu (PJJ). Untuk dampak ke warga sekitar nggak ada karena yang terbakar gedung milik seolah," terang Basri.

Pantauan di lokasi, sejumlah petugas kepolisian melakukan olah TKP. Gedung yang terbakar digaris polisi. Hasil olah TKP, penyebab kebakaran diketahui karena korsleting listrik di studio musik.

"Peralatan sempat dipakai siswa sampai sore, habis itu ditinggal. Menurut pihak sekolah pemakaian peralatan sesuai SOP. Diduga karena lama nggak kepakai karena lama nggak ada tatap muka. Terus setelah dipakai ditinggal. Indikasi kuat korsleting," kata Kasat Reskrim Polres Pasuruan Kota AKP Bima Sakti Pria Laksana.

Kebakaran di MAN Kota Pasuruan meludeskan studio musik, laboratorium komputer dan perpustakaan. Seluruh peralatan musik, 27 komputer dan buku-buku ludes. Kerugian akibat kebakaran ini menurut BPBD Kota Pasuruan mencapai Rp 300 juta.

(sun/bdh)