Pesan Kapolda Jatim Saat Tinjau Vaksinasi Santri di Jombang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 18:33 WIB
vaksinasi di jombang
Vaksinasi santri di Ponpes Mamba'ul Ma'arif (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta meninjau vaksinasi ribuan santri di Jombang. Nico berpesan masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Nico memantau langsung vaksinasi ribuan santri Ponpes Mamba'ul Ma'arif di Desa Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Jenderal polisi bintang dua ini didampingi Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho dan anggota Forkopimda lainnya.

"Saya apresiasi setinggi-tingginya pelaksanaan vaksinasi hari ini, di mana ada 40 petugas gabungan TNI, Polri dan relawan yang melaksanakan, direncanakan ada 2.000 santri yang akan divaksin. Ini wujud sinergi antara Pemda, TNI, Polri, Ponpes yang didukung relawan. Sinergi ini membuahkan hasil yang bagus dalam melaksanakan program pemerintah. Yaitu vaksinasi," kata Nico di lokasi vaksinasi, Rabu (6/10/2021).

Selain memantau vaksinasi para santri, Nico juga menyerahkan bantuan 1 ton beras dan paket sembako untuk Ponpes Mamba'ul Ma'arif. Pada kesempatan ini, ia berpesan kepada seluruh masyarakat Jatim agar tetap disiplin melaksanakan prokes untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Titip pesan supaya kita semua patuh prokes. Ini penyakit sukanya mencari kelemahan kita. Jadi, lemah sama dengan sakit, lengah sama dengan sakit, semaunya sendiri sama dengan sakit. Kalau ingin sehat harus patuh prokes dan disiplin," terangnya.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat aktif berperan dalam upaya mencegah penularan Virus Corona maupun menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) melalui vaksinasi.

"Kita semua sekarang (Jatim) bisa mencapai (PPKM) level 1, satu-satunya provinsi karena kerjasama yang baik semua pihak dan juga pelaksanaan prokes. Itu dicapai karena masing-masing kita, orang per orang, kita semua mempunyai peran dalam menciptakan itu. Ayo kita ambil bagian, ayo kita wujudkan itu semua, ayo jangan lengah, tetap disiplin. Sehingga Jatim menjadi sehat semua, ekonomi bangkit kembali," tegasnya.

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho menjelaskan, vaksinasi COVID-19 hari ini menyasar 1.000 santri. Vaksinasi terhadap 1.000 santri lainnya akan dilanjutkan pada Minggu (10/10). Sejauh ini, pihaknya telah menyuntikkan 53.000 dosis vaksin Corona ke masyarakat.

Secara keseluruhan, vaksinasi dosis pertama di Kota Santri mencapai 73,5 persen. Dalam pekan ini, vaksinasi terhadap lansia ditargetkan mencapai 60 persen. Seperti diketahui, Kabupaten Jombang kini menerapkan PPKM level 2.

"Seperti pesan Bapak Kapolda, kami berharap masyarakat jangan lengah, prokes tetap ditegakkan, masyarakat harus sadar tetap melaksanakan prokes. Karena COVID-19 masih ada di sekitar kita, jangan sampai nanti tinggi lagi penyebaran COVID di Jombang. Harus menjaga diri masing-masing, memakai masker, jaga jarak," jelasnya.

Agung menambahkan, pihaknya akan terus menyampaikan imbauan kepada masyarakat terkait pentingnya melaksanakan prokes meski vaksinasi gencar dilakukan. Operasi yustisi juga terus digelar.

"Yustisi tetap kami laksanakan supaya masyarakat terbiasa melaksanakan prokes," tandasnya.

(iwd/iwd)