Mayat Bayi Ditemukan Terkubur Terbungkus Sajadah di Kebun Kopi Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 17:27 WIB
penemuan bayi di jember
Mayat bayi ditemukan terkubur di kebun kopi di Jember (Foto: Dok. Polsek Silo)
Jember -

Sesosok mayat bayi ditemukan terkubur di kebun kopi di Dusun Curah Damar, Desa Sidomulyo, Silo, Jember. Kondisi mayat membusuk sehingga petugas kesulitan menentukan jenis kelamin bayi malang tersebut.

"Kita masih melakukan autopsi untuk mengetahui penyebab kematian sang bayi, sekaligus untuk mengetahui jenis kelaminnya," kata Kapolsek Silo AKP M Suhartanto kepada detikcom, Rabu (6/10/2021).

Perwira yang akrab disapa Tanto ini menjelaskan, mayat bayi itu pertama kali ditemukan Sandiyah (45) warga Desa Garahan, Silo. Sandiyah merupakan pemilik warung kopi di lokasi sekitar penemuan mayat bayi.

"Pada hari Selasa (5/10)) kemarin, saksi Sandiyah ini menyapu di belakang warungnya. Kemudian dia melihat ada gundukan tanah mencurigakan di bawah pohon kopi," kata Tanto.

Karena kecurigaan itu, Sandiyah meminta bantuan warga sekitar untuk menggali gundukan tanah tersebut.

"Setelah digali sekitar 25 centimeter, ditemukan gulungan sajadah dan tercium bau busuk. Karena takut, akhirnya warga melapor ke kita," jelas Tanto.

Saat polisi membuka gulungan sajadah itu, ternyata di dalamnya berisi mayat bayi yang kondisinya sudah membusuk.

"Jadi mayatnya dibungkus kain putih dengan 3 ikat tali dan di luarnya dibungkus sajadah warna biru merah," katanya.

Dari hasil pemeriksaan medis, bayi itu memiliki panjang 29 centimeter dan diperkirakan dilahirkan saat usia kandungan berumur 6 bulan.

"Untuk saat ini kita masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku pelaku yang mengubur bayi ini. Sejumlah saksi masih kita mintai keterangan," pungkas Tanto.

(iwd/iwd)