Bayi Perempuan Masih Hidup Ditemukan Terbuang di Kebun Tebu Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 11:34 WIB
penemuan bayi di jember
Bayi yang ditemukan dirawat di Puskesmas Kencong (Foto: Yakub Mulyono)
Jember -

Bayi perempuan masih hidup ditemukan warga di area kebun tebu di Dusun Sidoreno, Desa Wonorejo, Kencong. Saat ditemukan, bayi itu terbungkus plastik dan berada di dalam sebuah kardus.

"Ditemukan warga yang sedang keliling di area itu, Minggu malam sekitar pukul 22.30 WIB. Warga ini saat keliling di sekitar lokasi mendengar tangisan bayi," kata Kanit Reskrim Polsek Kencong Aiptu Iwan Iswahyudi, Senin (22/2/2021).

Menurut Iwan, kondisi bayi saat ditemukan masih berlumur darah. Bahkan tali pusar bayi masih menempel di ari-ari. Diduga bayi itu baru saja dilahirkan ibunya.

"Bayinya normal dan dalam kondisi sehat. Saat ini sudah dirawat di puskesmas Kencong," katanya.

Bayi itu memiliki berat 2 kg dengan panjang tubuh 47 cm. Di Puskesmas Kencong, bayi ditempatkan di inkubator untuk menjaga kondisi suhu tubuhnya.

"Kami sudah melakukan olah TKP untuk mengungkap siapa pelaku yang tega membuang bayi itu. Mudah-mudahan pelakunya segera tertangkap," tandas Iwan.

Bidan Puskesmas Kencong, Nur Khasanah mengatakan, bayi saat ini dalam kondisi stabil. Petugas medis juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan agar bayi tetap sehat.

"Saat dibawa ke sini kondisinya memag kurang baik. Mungkin karena ditaruh begitu saja di kardus. Tapi sekarang sudah berangsur membaik," tandasnya.

(iwd/iwd)