Capaian Masih 38%, Vaksinasi Lansia di Sidoarjo Terus Digencarkan

Suparno - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 13:49 WIB
polresta sidoarjo
Kapolres Sidoarjo memantau pelaksanaan vaksinasi (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Vaksinasi terhadap lansia di Sidoarjo masih rendah, masih di kisaran 38% untuk dosis pertama. Karena itu vaksinasi terus digencarkan.

"Dari data yang ada, capaian vaksinasi untuk lansia masih ada di kisaran 38 persen," ujar Kapolresta Sidoarjo AKBP Kusumo Wahyu Bintoro kepada wartawan usai peninjauan vaksinasi di Sekolah SMK Antartika Sidoarjo dan Klenteng Tjong Hok Kiong Sidoarjo, Rabu (10/10/2021).

Kusumo mengatakan langkah yang akan dilakukan adalah memasifkan edukasi dan sosialisasi ke masyarakat, hingga wilayah pelosok desa dengan melibatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan puskesmas agar semakin aktif ke warga. Agar para lansia yang belum di vaksin nantinya berkenan untuk divaksin.

"Lansia termasuk kalangan rentan lemah imunitasnya, karenanya mari bagi keluarga yang orang tua atau kakek neneknya belum divaksin, untuk membantu kami menjelaskan ke mereka bahwa vaksinasi COVID-19 merupakan upaya baik, aman dan halal guna memutus mata rantai penyebaran virus corona," kata Kusumo.

Sementara itu untuk vaksinasi umum dosis pertama di Sidoarjo telah mencapai 65%.

"Update terbaru capaian vaksinasi di wilayah kita, untuk tahap pertama sudah mencapai 65 persen. Kami terus mengimbau kepada semua warga, ayo silakan datangi gerai-gerai vaksin yang ada. Karena dengan vaksinasi akan semakin cepat membentuk kekebalan komunal," terang Kusumo.

"Polresta Sidoarjo setiap hari membuka gerai-gerai vaksinasi, termasuk berupa layanan vaksinasi keliling," jelas Kusumo.

Kusumo juga mengimbau kepada masyarakat agar segera mendatangi gerai-gerai vaksinasi COVID-19 yang dibuka oleh Kepolisian maupun TNI, Pemkab Sidoarjo, atau pihak penyelenggara lainnya.

Harapannya, dengan semakin cepat dan banyak warga yang divaksin, maka kekebalan komunal bisa terbentuk sebagai salah satu upaya dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

(iwd/iwd)