1.156 Dosis Digelontorkan untuk Vaksinasi Napi Lapas Sidoarjo

Suparno - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 14:38 WIB
vaksinasi di lapas sidoarjo
Kapolresta Sidoarjo memantau pelaksanaan vaksinasi di Lapas Sidoarjo (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Percepatan vaksinasi COVID-19 guna membentuk herd immunity di Sidoarjo terus ditingkatkan. Seperti yang dilakukan Lapas Kelas II A Sidoarjo yang bersinergi dengan Polresta Sidoarjo menggelar vaksinasi COVID-19 kepada 1.156 warga binaan dan warga sekitar.

Vaksinasi digelar selama dua hari dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Pada hari pertama vaksinasi di dalam Lapas Kelas II A, Rabu (29/9/2021), dipantau langsung Kepala Lapas Kelas II A Sidoarjo Teguh Pamudji dan Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro.

Kalapas Kelas II A Sidoarjo Teguh Pamudji menjelaskan 1.156 warga Napi nanti juga akan kembali lagi ke masyarakat. Dari jumlah tersebut ada dua napi yang tidak bisa melaksanakan vaksin, karena dua napi tersebut sedang sakit. Sementara itu tiga bulan yang lalu ada enam Napi yang positif COVID-19. Saat ini mereka sudah sembuh dan mengikuti vaksinasi.

"Di tengah situasi pandemi COVID-19, mereka juga berhak mendapatkan suntikan vaksinasi sebagai upaya membentuk herd immunity," kata Teguh di Lapas Sidoarjo, Rabu (29/9/2021).

Untuk menunjang program vaksinasi COVID-19 di Lapas Kelas II A, pihak lapas bersinergi dengan Polresta Sidoarjo. Sebelumnya Lapas Sidoarjo mendapatkan alokasi dosis vaksin dari Dinas Kesehatan.

"Karena tidak mencukupi, akhirnya kami berkolaborasi penyediaan dosis vaksin bersama Polresta Sidoarjo," jelasTeguh.

Usai memantau jalannya vaksinasi COVID-19 di dalam lapas, Kusumo mengapresiasi langkah baik dalam mewujudkan herd immunity bagi Napi di Lapas Kelas II A. Menurutnya, upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 harus dilakukan bersama-sama. Seperti dilakukan pihak Lapas Sidoarjo.

"Akselerasi vaksinasi COVID-19 harus menyasar semua masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Untuk segera membentuk herd immunity. Termasuk warga binaan yang ada di dalam Lapas Kelas II A Sidoarjo," kata Kusumo.

Saat meninjau di dalam blok lapas, Kusumo juga menghimbau penerapan protokol kesehatan harus semaksimal mungkin dipatuhi. Sistem keamanan dan kebersihan di dalam lapas, juga mendapatkan perhatian dari Alumni AKABRI 1998 ini.

"Semuanya sudah dijalankan dengan baik dan tepat, oleh Kalapas dan jajarannya. Semoga napi di dalam sini sehat serta terhindar dari COVID-19," tandas Kusumo. (iwd/iwd)