Razia Prokes Tetap Dilakukan di Banyuwangi Meski COVID-19 Melandai

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 20:23 WIB
vaksinasi di banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Meski angka penularan COVID-19 di Banyuwangi kian melandai, namun razia protokol kesehatan (prokes) tetap digencarkan di berbagai pusat keramaian. Tak hanya ditertibkan, Satgas COVID-19 Banyuwangi juga melakukan random swab antigen dan vaksinasi ke pengunjung yang kedapatan tak bermasker dan belum vaksinasi.

Razia ini digelar di Pantai Ancol, Kecamatan Kota Banyuwangi, Senin sore (4/10/2021). Agar tidak kecolongan di tengah melandainya kasus penularan COVID-19, razia protokol kesehatan tetap dilakukan.

"Kita masih terus melakukan razia prokes di beberapa lokasi keramaian. Agar kita tidak terkena dengan kondisi saat ini. Memang melandai, tapi kami ingin segera COVID-19 ini hilang, salah satunya ya taat prokes," ujar Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, Wakil Ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi kepada detikcom.

Sejumlah pusat-pusat keramaian yang ada di kawasan perkotaan, didatangi oleh petugas. Setiap sore, kawasan Pantai Ancol yang berada di kelurahan Lateng Banyuwangi ini tampak ramai didatangi pengunjung yang menimbulkan kerumunan. Tidak sedikit pula dari mereka yang tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19 untuk memakai masker. Mereka pun akhirnya langsung di swab antigen.

"Kita juga bagikan masker. Tapi sebelumnya kita swab antigen. Ini kita lakukan secara random," tambahnya.

Beruntung, dari 25 pelanggar protokol kesehatan yang di swab antigen oleh petugas semuanya dinyatakan negatif dari virus corona. Sementara dari razia ini, sebanyak 26 dosis vaksin berhasil disuntikkan masyarakat yang belum sempat mengikuti program vaksinasi. Dalam razia kali ini, petugas juga menemukan pelanggaran yang dilakukan pemilik warung. Banyak pemilik warung yang menyediakan kursi duduk tanpa menjaga jarak.

Simak juga video 'Varian Delta Bermutasi Lagi, Menkes Budi: Kita Monitor Secara Ketat':

[Gambas:Video 20detik]