7 Ton Semangka Hingga Melon Ludes Diserbu Warga di Pesta Buah Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Minggu, 03 Okt 2021 16:23 WIB
pesta buah di lamongan
Gunungan buah di pesta buah Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Pesta buah yang berlangsung di Desa Latukan, Karanggeneng, Lamongan berakhir hari ini. Tujuh ton buah semangka, blewah, dan melon disediakan gratis untuk dinikmati pengunjung saat puncak acara hari ini.

Pesta buah kali ini memang berbeda. Kalau dulu setiap RT menyediakan gunungan buah untuk diperebutkan oleh warga. Kali ini, panitia menyediakan 7 ton berbagai jenis buah untuk bisa dinikmati dengan gratis oleh para pengunjung yang hadir di acara tersebut.

"Karena saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19 maka hal itu (gunungan buah) ditiadakan, sebagai gantinya warga bisa makan sepuasnya sebanyak 7 ton buah yang disediakan oleh panitia," kata Kepala Desa Latukan M Jiono kepada wartawan, Minggu (3/10/2021).

Dikatakan Jiono, pesta buah ini sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen yang melimpah di desa yang terkenal dengan komoditas semangka, melon dan blewah ini. Dulu, para pengunjung yang hadir di acara pesta buah bisa secara langsung berebut gunungan buah yang disusun menyerupai nasi tumpeng.

pesta buah di lamonganFoto: Eko Sudjarwo

"Kalau dulu memang masyarakat atau pengunjung yang datang bisa mengambil langsung gunungan buah yang kita sediakan tapi kali ini tidak mas," ujarnya.

Tahun ini memang masih ada gunungan buah di mana sedikitnya 17 gunungan buah dibuat oleh warga dari tiap RT yang ada di desa ini untuk kemudian dibagikan dan dinikmati secara gratis. Namun ke-17 Gunungan buah tersebut kini berjajar di jalan desa untuk kemudian dibagikan oleh panitia ke warga atau pengunjung yang hadir dan tidak diperebutkan.

"Festival buah yang diadakan ini bertujuan untuk meningkatkan harga buah di pasaran. Selain itu hal itu juga merupakan ajang promosi bagi desa yang 80 persen penduduknya berprofesi sebagai petani baik petani padi, semangka blewah ataupun petambak," ungkapnya.

Selain pesta buah, Desa Latukan juga menggelar pameran ikan koi yang menjadi sentra produksi ikan terbaik di Lamongan. Kegiatan ini juga menarik para kolektor ikan koi dari beberapa daerah di wilayah Jatim. Tak hanya itu pesta buah tahun ini juga dihadiri oleh para pelajar tingkat SD dan TK di Lamongan.

"Festival pesta buah yang ada di Desa Latukan, Kecamatan Karanggeneng kali ini tidak hanya sebatas pesta buah semangka, melon dan blewah. Tahun ini Desa Latukan mengkolaborasikannya dengan beberapa sektor dan menjadikannya festival pesta buah dan edukasi," terangnya.

Meski tak ada gunungan buah untuk diperebutkan, pesta buah yang berlokasi di jalan desa setempat ini tetap ramai. Tujuh ton buah ludes dinikmati oleh pengunjung secara gratis. Pesta buah yang dimulai sepekan lalu dengan diawali pesta buah edukasi ini menyedot perhatian pengunjung untuk datang ke desa ini.

Simak juga 'Kelezatan Nasi Boran Ikan Sili Bumbu Pedas':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)