Optimisme Jatim untuk Jadi Juara Umum di PON XX Papua

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 14:46 WIB
Kontingen Jatim menargetkan jadi juara umum pada PON XX Papua. Maka dari itu, kontingen Jatim harus bisa menyabet 136 medali emas.
Pemberangkatan 34 atlet dan 11 pelatih/Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Kontingen Jatim menargetkan jadi juara umum pada PON XX Papua. Maka dari itu, kontingen Jatim harus bisa menyabet 136 medali emas.

Puluhan atlet telah diberangkatkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur dan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jawa Timur, untuk berlaga di PON XX Papua. Sebanyak 34 atlet yang berangkat didampingi 11 pelatih. Mereka akan berlaga di beberapa cabang olahraga seperti lari, jalan cepat, lompat, lontar martil, tolak peluru hingga maraton.

"Melihat kondisi kesiapan dan semangat para atlet yang tergabung dalam Puslatda, KONI dan PASI optimistik Jatim bisa mendapat target tersebut. Sebab, Jatim punya modal besar, atlet yang pasti bisa bekerja keras, kita pasti bisa," kata Ketua Umum Pengprov PASI Jatim yang juga Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof Nurhasan, usai memberangkatkan 34 atlet dan 11 pelatih secara virtual, Rabu (29/9/2021).

Hasan menyebut Jatim berpotensi menjadi juara umum pada PON XX. Pada PON sebelumnya, Jatim ada di posisi kedua setelah Jawa Barat sebagai tuan rumah.

Kontingen Jatim tampil gemilang di Jabar dan menyabet 132 emas. Artinya, Kontingen Jatim hanya perlu menambah empat medali emas lagi dari perolehan medali PON sebelumnya.

"Keunggulan kita (Jatim) pada PON sebelumnya dipertahankan. Cabor yang raih emas bisa tetap meraih emas lagi. Cabor yang sebelumnya raih perak dan perunggu bisa bawa pulang emas pada pekan olahraga ini," jelasnya.

Rektor Unesa itu berpesan kepada para atlet agar tetap semangat dan penuh keyakinan dalam berlaga. Baginya, semangat dan kerja keras dalam berlaga harus terus didukung dengan keyakinan.

"Yang penting yakin bisa, keluarkan performa maksimal, berlaga dengan baik, junjung tinggi sportivitas dan pasti hasilnya pun akan baik," ujarnya.