KONI Jawa Timur Target 136 Medali Emas di PON XX Papua

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 17:28 WIB
KONI Jawa Timur Targetkan 136 Medali Emas di PON XX Papua
Gubernur Khofifah (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur menargetkan perolehan 136 medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Seluruh atlet saat ini telah dalam keadaan siap untuk bertanding.

Hari ini, Gubernur Khofifah Indar Parawansa secara simbolis memberangkatkan atlet yang akan berlaga di PON XX Papua. Ada 543 atlet dari 47 cabang olahraga (cabor) yang akan bertanding di sana.

"(Target) 136 emas kita. Memang ada 10 cabang olahraga yang hilang (tidak ikut bertanding), kita kehilangan 36 emas," kata Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (9/9/2021).

Erlangga memaparkan ada beberapa cabang olahraga (cabor) unggulan dari Jatim. Dia pun optimis cabor-cabor ini bisa menyumbangkan emas untuk Jatim.

"Cabang olahraga unggulan menembak, atletik, panahan, selam, renang, tenis lapangan, panjat tebing, wushu, gulat InsyaAllah 7 emas. Ada 15 cabor unggulan yang InsyaAllah bisa memenuhi target kita," tambahnya.

Tak hanya itu, Erlangga menyebut seluruh persiapan telah dilakukan. Semua venue sudah dipersiapkan dan penginapan 95% siap.

Sementara pada masalah kesehatan, khususnya pada COVID-19 dan malaria, pihak KONI juga sudah membentuk tim kesehatan di Papua untuk mengantisipasi hal ini.

Erlangga menyebut target yang tinggi ini tak akan ada artinya jika hasil PCR para atlet positif COVID-19 sehingga tidak bisa bertanding. Dia berharap para atlet senantiasa sehat dan negatif dari COVID-19 agar bisa bertanding maksimal.

"Yang jadi unpredictable adalah pada angin saat keberangkatan. Persyaratannya adalah vaksin dua kali dan PCR negatif, itu yang jadi pertaruhan. Nanti itu kalau berangkat H-2 dari keberangkatan itu di PCR ternyata positif, mudah-mudahan tidak. Ya sudah selesai, meskipun dia target 3 sampai emas kalau nggak boleh berangkat ya sudah," paparnya

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan semangat pada para atlet. Khofifah percaya para atlet mampu mengharumkan nama Jawa Timur di ajang olahraga nasional ini.

"Selamat berlaga, berjuang, mudah-mudahan meraih prestasi setinggi tingginya, dan mereka dalam keadaan sehat," kata Khofifah.

Khofifah juga meminta doa masyarakat Jatim agar para atlet diberikan kesehatan dan kelancaran saat bertanding.

"Mohon doa kepada seluruh warga Jawa Timur di mana saja, bukan hanya warga Jawa Timur yang di Jawa Timur, warga Jawa Timur dimana saja doakan mudah mudahan seluruh kontingen PON XX dari Jawa Timur semuanya bisa memberikan yang terbaik prestasi tertinggi, semuanya sehat, aman, lancar," imbuhnya.

(hil/fat)