Bertambah Lagi, Kini Ada 27 Daerah di Jatim Level 1 Berdasar Asesmen Kemenkes

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 13:32 WIB
gubernur khofifah
Foto: Tangkapan layar
Surabaya -

Kabupaten/kota di Jawa Timur yang masuk level 1 sesuai asesmen kemekes terus bertambah. Saat ini, ada 27 dari 38 wilayah yang masuk level 1 per 25 September dan dirilis besoknya. Artinya, sebanyak 71,05% kabupaten/kota di Jatim ada di level 1.

Ini berarti ada dua daerah di Jatim yang turun ke level 1. Pada Sabtu (25/9), ada 25 daerah di Jatim yang level 1 dan kini menjadi 27. Sementara untuk level 2 di Jatim mengalami penurunan dari 13 kabupaten/kota menjadi 11 kabupaten/kota. Atau sebanyak 28,95% wilayah pada level 2.

Atas capaian ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan gotong royong dari berbagai elemen strategis masyarakat.

Khofifah juga berterima kasih atas keterlibatan forkopimda, pemkab/pemko, tenaga kesehatan (nakes), tokoh agama, tokoh masyarakat, perguruan tinggi, media, relawan hingga seluruh masyarakat yang ikut mengendalikan penyebaran COVID-19 di Jatim.

"Alhamdulillah, atas ikhtiar, kerjasama dan doa kita semua, Provinsi Jatim kembali mendapatkan penambahan pada level 1. Sebanyak 27 kabupaten/kota atau 71,05% berada di level 1. Lalu ada 11 kabupaten/kota atau 28,95% atau level 2," kata Khofifah di Surabaya, Senin (27/9/2021).

Tak hanya itu, Khofifah mengatakan sesuai hasil asesmen Kemenkes RI, Jatim menjadi provinsi dengan kabupaten/kota level 1 terbanyak di Jawa-Bali. Selanjutnya diikuti DKI Jakarta sebanyak 2 kabupaten/kota, Jawa Barat sebanyak 2 kabupaten/kota dan Jawa Tengah 1 kabupaten/kota.

Kendati demikian, Khofifah mengimbau masyarakat untuk tidak lengah dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Suasana seperti ini patut kita syukuri. Namun mohon tetap waspada dan diikuti dengan disiplin protokol kesehatan (prokes) serta percepatan vaksinasi," pesan Khofifah.

Lihat juga video 'Progres Indonesia Kejar Target WHO soal Capaian Vaksinasi Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



Daerah mana saja di Jatim yang masuk level 1 dan 2 asesmen Kemenkes