Cara Fotografer Cegah Kepunahan Macan Tutul dari Balik Lensa Kamera

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 10:19 WIB
Rendra Des Kurnia mengabadikan foto macan tutul jawa
Macan tutul Jawa /Foto: Istimewa (Dok: Foto Rendra Des Kurnia)
Banyuwangi -

Rendra Des Kurnia (42) pengamat macan tutul Jawa melalui bidang fotografi menyerahkan sejumlah file macan tutul Jawa ke BKSDA dan peneliti. Ini untuk kelangsungan kehidupan macan tutul Jawa.

Selama ini Rendra menyerahkan file kepada pengelola Taman Nasional (TN) Baluran untuk mencegah kepunahan Macan Tutul Jawa.

"Foto sebagian kita berikan kepada pengelola. Ini agar bisa menjadi bahan penelitian dan termasuk membuktikan jika populasi mereka masih ada di Indonesia," ujarnya kepada detikcom, Senin (27/9/2021).

Bahkan tak jarang dirinya mengantar penghobi fotografi wildlife untuk mengamati dan mengabadikan momen macam tutul. Tak hanya dari dalam negeri, beberapa penghobi dari luar negeri seperti dari Kanada dan India juga pernah diantar ke beberapa lokasi temuan Macan Tutul Jawa.

"Kata mereka perbedaan macan Tutul Jawa itu lebih kecil dibandingkan dengan macan Tutul Afrika. Selain itu mata macan Tutul Jawa berwarna biru kehijauan jika kena cahaya kalau macan Afrika itu kuning kecoklatan," tambahnya.

Lihat juga video 'Melihat Tengkorak Hyena Raksasa yang Punah 400 Juta Tahun Lalu':

[Gambas:Video 20detik]