Fakta-fakta Seputar Perseteruan Bupati dan Wabup Bojonegoro

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 08:02 WIB
Bupati Bojonegoro dan Wakil Bupati Bojonegoro
Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dan Wakil Bupati Budi Irawanto (Foto: Dok. Pemkab Bojonegoro)

Anak Wabup Wawan juga turut mengadukan Bupati Anna

Anak Wakil Bupati Bojonegoro, Carrine Irawan Kumalasari, ternyata juga turut mengadukan Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah ke polisi. Anak pertama wabup Wawan itu mengaku tak terima keluarga dan rumah tangganya turut ditulis dalam percakapan di grup WhatsApp oleh Bupati Anna.

"Ya jujur saya merasa sedih, kenapa keluarga saya yang dibicarakan. Apalagi ada mama saya yang telah meninggal juga disampaikan. Apalagi yang menyampaikan seorang bupati," kata Carrine

Carrine menyebut apa yang tertulis di dalam percakapan yang diunggah dalam obrolan grup WhatsApp itu baginya merupakan pencemaran nama baik dirinya dan keluarganya.

"Ada beberapa kalimat pada tulisan chattingan itu yang intinya mengenai keluarga dan rumah tangga saya. Nyebut anak dan suami saya. Ini kan termasuk pencemaran nama baik keluarga saya," lanjut perempuan 31 tahun itu.

Dua saksi telah diperiksa polisi

Polisi telah memeriksa dua saksi soal pengaduan Wabup Wawan terhadap Bupati Anna. Dua saksi itu adalah Rahmat Bima Kusrinto dan Yusti R. Mereka berdua merupakan jurnalis. Mereka merupakan anggota dalam grup WhatsApp 'JURNALIS DAN InFOrmasi'.

Di grup WA itulah Bupati Anna melontarkan chat yang isinya membuat Wabup Wawan tersinggung yang berujung pengaduan kepada polisi. Mereka dimintai keterangan pada Jumat (24/9).

Perseteruan Bupati Anna dan Wabup terjadi sejak lama

Hal itu diakui sendiri oleh Wabup Wawan. Wabup Wawan bercerita hubungan tak akur itu berawal sejak enam bulan setelah mereka dilantik. Kerenggangan itu mulai nampak di mana saat itu akan dilakukan mutasi jabatan para kepala OPD.

"Jadi awalnya itu enam bulan setelah pelantikan. Mulai itu saya tidak pernah dilibatkan oleh bupati. Tapi saya memilih diam, masa baru dilantik kok wis gegeran. Iku kan saru dadi ta tutupi (itu kan aib makanya saya tutupi)," ujar Wabup Wawan.

Dan Wabup Wawan mengaku ia ketemu atau bersua dengan Bupati Anna terakhir sekitar bulan Februari tahun 2019. Wabup Wawan juga mengaku administrasi berupa dokumen atau surat menyurat tidak ada yang lewat mejanya, melainkan langsung ke meja Bupati Anna.